>
Kamis, 01 Agustus 2019 13:19

Dinas Sosial Gelar Bimbingan Teknis Layanan Psikososial Untuk Korban Bencana

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO –  Korban bencana yang mengalami masalah psikososial harus segera mendapat penanganan dan layanan yang layak dari Pemerintah.

Untuk Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Provinsi  Gorontalo  menggelar bimbingan teknis layanan psikososial di Hotel Sumber Ria Kota Gorontalo, mulai Selasa-Jumat (30/7-2/8/2019).

Bimbingan teknis bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang dampak Psikososial akibat kejadian bencana, merancang intervensi sosial terhadap korban bencana yang mengalami masalah psikososial dan melakukan advokasi sosial serta rujukan terhadap korban bencana alam yang mengalami psikososial yang berisiko terhadap kejiwaan kepada ahli yang profesional.  

“Kami ingin ada kersediaan petugas layanan dukungan psikososial yang profesional, untuk itu kegiatan ini dilaksanakan,” kata Sekretaris Dinas Sosial PP dan PA provinsi Gorontalo Iskandar Misilu, Kamis (1/8/2019).

Iskandar Misilu menjelaskan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) merupakan satu bentuk pelayanan yang diperuntukan bagi korban yang mengalami trauma akibat bencana. LDP ini dapat berupa terapi psikososial, pelayanan konseling, psikoedukasi, serta penguatan penguatan sosio psikologis lainnya.

Layanan ini mensyaratkan pendekatan dan intervensi secara profesional, memadukan antara pendekatan psikologis dengan pekerjaan sosial. Sehingga membutuhkan tenaga layanan psikososial yang profesional, berintegritas dan memiliki kompetensi untuk dikaryakan disejumlah titik pengungsian akibat bencana.  Tenaga pendamping psikososial yang purnawaktu dan mampu merespon kebutuhan psikososial korban sangat diperlukan.

“Kami berharap peserta dapat merespons kegelisahan kita selama membangun satuan tugas sosial khusus, mampu, tangguh dan handal dalam menyediakan  lahan dukungan psikososial kepada korban bencana,” kaat Iskandar Misilu.

Dalam bimbingan teknis ini di Dinas Sosial mengundang Annastasia Hustiantie, Kepala Seksi Pemulihan  dan Penguatan Sosial Kementerian sosial.

Annastasia Hustiantie menjelaskan LDP merupakan layanan sosial dasar kepada korban bencana yang menghadapi  gangguan agar mampu keluar dari masalah  trauma, dan merupakan salah satu pendekatan  spesifik.

“Kita memiliki sejumlah potensi yang sangat kuat untuk mewujudkan kualitas sumber daya yang sangat diperlukan saat ini. Kekuatan itu antara lain tersedianya regulasi, relawan sosial yang tangguh seperti  Tagana, Kampung Siaga Bencana (KSB), Pelopor, karang taruna, PSM, TKSK Lembaga kesejahteraan sosial, Organisasi sosial kemasyarkatan yang siap bergerak,”kata Annastasia Hustiantie.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal Tagana dan KSB yang telah memiliki pengetahuan dasar dalam penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial.

Hadir juga Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Sularno Suhono dan Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Yusran Wartabone.

 

Pewarta : Yoan Thalib – Dinas Sosial PP dan PA

Baca 234 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama