>
Kamis, 28 Februari 2013 12:16

Dinkes Tunjuk Petugas Khusus Laporkan Gizi Buruk

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Logo Logo

Gorontalo, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Gorontalo menunjuk petugas khusus di setiap Puskesmas, yang bertanggung jawab melaporkan kepada pemprov dan pemerintah pusat bila ada temuan kasus gizi buruk di wilayah setempat.

Kepala Dinkes Provinsi Gorontalo Trianto Bialangi, Rabu, mengatakan, petugas khusus tersebut juga merupakan pegawai Puskesmas, namun telah didata nama, alamat dan nomor kontaknya oleh Dinkes.

Para petugas tersebut diharuskan segera melapor, dengan menghubungi nomor khusus yang disediakan oleh Kementerian Kesehatan dan juga terhubung ke Dinkes Provinsi Gorontalo. "Ini untuk mempermudah kami memperoleh data akurat dan terbaru, agar bisa segera menangani dengan segera penderita baru tersebut," jelasnya.

Sistem SMS dan Call Centre tersebut baru mulai diberlakukan pada tahun 2012, dan sejauh ini dinilai lebih efisien, untuk memperoleh data maupun gambaran gizi buruk di Gorontalo. "Jadi kami tidak harus menunggu data-data yang dikumpulkan dari setiap Puskesmas untuk bisa menangani pasiennya," tambahnya.

Untuk mengobati penderita, pemprov membentuk Therapeutic Feeding Centre (TFC) atau Pusat Pemulihan Gizi. Di tempat ini penderita dan orang tua wajib tinggal sekitar 90 hari, untuk menjalani perawatan dan pemantauan perkembangan status gizi balita tersebut.

Data Dinkes menunjukkan angka balita penderita gizi buruk di Provinsi Gorontalo menurun dari tahun 2010 sebesar 17,5 persen, menjadi 14,44 persen pada tahun 2012. Angka tersebut diperoleh setelah melakukan Pemantauan Status Gizi (PSG) kepada 25 ribu balita di daerah tersebut. (Debby Mano)

 

ANTARA NEWS GORONTALO

Baca 6020 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama