>
Senin, 20 Januari 2020 22:09

DKP Gelar Rapat Bahas Solar Packed Dealer untuk Nelayan

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo menggelar rapat pembahasan pengelolaan Solar Packed Dealer untuk Nelayan (SPDN) atau stasiun pengisian solar untuk nelayan , Senin (20/1/202020).

Dalam pertemuan ini  dihadiri Kepala Dinas Sila Botutihe, Sekretaris Dinas Mudiddin Djailani, UPTD PP Tenda, UPTD PP Gentuma, UPTD PP Tilamuta, KONELI Tilango Deheto, Koperasi Jasa Lembaga Ekonomi Pengembangan Pesisir Mitra Mikro Mina Dulohupa,  Koperasi Serba Usaha Lamahu Jaya,  Koperasi Multi Prima Jaya Inengo dan Koperasi Fisheries Usaha Mina.

“Tujuan pertemuan ini menghasilkan kesepakatan serta penandatanganan perjanjian kerja sama pengelolaan SPDN Tenda, SPDN Inengo, SPDN Kwandang, SPDN Gentuma, serta SPDN Gentuma bersama Koperasi Calon Pengelola,” kata Sila Botutihe.

Sila Botutihe  menjelaskan semua fasilitas pemerintah yang dikelola oleh pihak lain atau pihak ketiga harus dikenakan retribusi yang selama beberapa tahun terakhir belum dapat dilaksanakan.

Dalam pertemuan ini juga didapat masukan dari salah seorang tokoh nelayan, Sarlis Mantu yang yang menyampaikan jika  para nelayan tetap membeli premium meskipun dengan harga Rp10.000 perbotol  pada depot pengecer karena sesuai dengan pengalaman mesin kapal lebih baik menggunakan premium dari pada pertalite yang membuat mesin cepat panas.

“Masih dalam proses pengurusan izin operasional baru dengan pertamina, pihak Koperasi Tilango Deheto akan memfasilitasi operasional berupa kuasa pengelolaan SPDN kepada Koperasi baru agar kuota yang ada dari Pertamina dapat terus dimanfaatkan. Juga SPDN Tenda izinnya masih terus diperpanjang meskipun Koperasi pengelola (Dulohupa) sudah tidak ada lagi,” ujar Sarlis Mantu.

Sejumlah permasalahan muncul dalam pertemuan ini, antara lain perjanjian kerjasama SPDN Inengo dengan Koperasi Tilango Deheto telah berakhir 28 November 2018, sementara izin operasional yang dikeluarkan Pertamina berlaku sampai pada tahun 2022. Untuk itu sesuai penyampaian Pertamina operasional SPDN bisa tetap dilaksanakan melalui kesepakatan antara Koperasi Tilango Deheto dengan koperasi pengelola yang baru.

Demikian juga masalah keamanan SPDN Gentuma tidak layak karena pagar sudah roboh sehingga dikhawatirkan Pertamina akan mencabut izin operasional dalah hal kelayakan keamanan.

 

Pewarta : Yanto - DKP

Baca 214 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama