>
Rabu, 16 Oktober 2019 19:27

DKP Sertfikasi 40 Nelayan Awak Kapal

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO - Pemerintah terus berupaya meningkatkan pendapatan nelayan melalui bantuan sarana dan prasarana, juga meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya.

Salah satu yang dilakukan adalah menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Sertifikasi Awak Kapal Perikanan di Daerah yang bertempat di ruang Lahilote, Grand Zanur Hotel, Kota Gorontalo, Rabu (16/10/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo bekerja sama dengan Direktorat Kapal dan Alat Penangkapan Ikan (KAPI) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Sebanyak 40 orang nelayan awak kapal dari kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo ikut dalam bimbingan teknis ini. Mereka dibekali pengetahuan dan keterampilan oleh pemateri yang berasal dari Direktorat KAPI KKP.

“Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan nelayan awak kapal ikan,” kata Sila Botutihe, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo.

Sila Botutihe menjelaskan, dalam Undang-Undang nomor 18 tahun 2012 tentang pangan dan Undang-Undang nomor 31 tahun 2004 tentang perikanan, yang telah diubah dengan Undang-Undang nomor 45 tahun 2009, serta Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2004 tentang keamanan mutu dan gizi pangan, telah ditetapkan produk pangan termasuk dalam hal ini hasil perikanan yang dipasarkan untuk konsumsi manusia harus mengikuti persyaratan yang ditetapkan sehingga dapat menjamin kesehatan manusia.

 “Bimtek ini sangat penting karena pengetahuan tentang penanganan ikan di atas kapal itu perlu untuk menjaga mutu dari ikan yang di tangkap,” kata Sila Botutihe.

Sejak tahun 2016 sampai saat ini sudah ada 140 orang nelayan yang telah menerima sertifikasi, jumlah ini sangat minim dibandingkan jumlah nelayan yang ada di Gorontalo, yang mencapai 19 ribu orang. Namun pemerintah Provinsi Gorontalo setiap tahunnya terus menambah anggaran untuk meningkatkan SDM nelayan, tahun 2020 kami menganggarkan 50 orang peserta untuk mengikuti kegiatan seperti ini.

Kepala Seksi Standarisasi dan Sertifikasi Awak Kapal Perikanan Direktorat Kapal dan alat Penangkapan ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Lingga Prawitaningrum menjelaskan Pemerintah Pusat setiap tahunnya terus meningkatkan kompetensi dan sertifikasi nelayan penangkap ikan agar ikan hasil tangkapan nelayan bisa diekspor ke luar negeri.

Untuk mendapatkan sertifikasi ini sangat mudah, tetapi harus memenuhi persyaratan baik administrasi maupun secara teknis. Secara administrasi cukup melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli, foto dan ujian tulis. Nelayan yang dinyatakan lulus langsung mendapatkan sertifikat yang diterbitkan oleh KKP.

Setelah diberikan bimbingan teknis dan mendapatkan sertifikat, peserta akan diberikan evaluasi dan disertifikasi oleh KKP melalui DKP Provinsi Gorontalo untuk melihat oautput dari hasil peningkatan SDM.

 

Pewarta : Yanto – PPID DKP

Baca 268 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama