>
Kamis, 30 Januari 2020 20:51

DLHK Gelar Forum OPD Untuk Susun Dokumen Perencanaan Renja

Oleh
Beri rating
(1 Vote)

GORONTALO - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo menggelar Forum Organisasi Perangkat Daerah Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan se-Provinsi Gorontalo di Hotel Grand Q Kota Gorontalo, Kamis (30/1/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan, sekretaris, kepala bidang, kepala KPH, kepala seksi, kepala sub bagian lingkup DLHK Provinsi Gorontalo, Dinas Lingkungan Hidup kabupaten/kota, Bappeda provinsi dan kabupaten/kota, serta UPT Kementerian KLHK.

Forum OPD Bidang Lingkungan Hidup Dan Kehutanan ini merupakan pertemuan untuk menindaklanjuti temu konsultasi perencanaan pengendalian dan evaluasi yang dilaksanakan oleh Bappeda Provinsi Gorontalo pada 16 Januari 2020 dan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.

Dalam Laporannya, Kadis DLHK Fayzal Lamakaraka, mengatakan tujuan kegiatan ini adalah terciptanya kesepahaman agenda kerja tahun 2021 serta dukungan dan kerjasama seluruh OPD bidang lingkungan hidup dan kehutanan provinsi dan kabupaten/kota yang akan terwujud dalam tersusunnya dokumen perencanaan Renja OPD yang efisien, efektif, akuntabel dan berkualitas.

“Forum kali ini fokus pada kegiatan perencanaan sehubungan dengan pengendalian dan pengawasan serta identifikasi semua permasalahan guna merampungkan perencanaan Tahun 2021 dan untuk mencapai kesepakatan dalam pelaksanaan tahun 2020 sekaligus mengevaluasi kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan di tahun 2019 lalu,” Kata Fayzal Lamakaraka.

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba, yang hadir sekaligus membuka Forum OPD Bidang Lingkungan Hiup dan  Kehutanan ini memberikan apresiasi kepada Dinas LHK karena di awal tahun telah melaksanakan Forum OPD dan membahas Renja 2021 yang dihadiri oleh semua unsur  pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

“Dalam Forum ini Saya mengharapkan beberapa hal, identifikasi permasalahan yang ada di lapangan, sesuaikan perencanaan dengan permasalahan yang diindentifikasi, siapkan semua SOP pelaksanaan di tahap perencanaan bukan pada saat pelaksanaan dengan mengikuti semua aturan dan standar  yang ada dan terakhir adalah pelaksanaan pengendalian dan pengawasan agar sesuai SOP yang telah disusun dan disepakati dalam forum ini,” papar Darda Daraba.

Forum ini diisi dengan pemaparan Kepala Bapppeda yang diwakili M Dikky Sidiki, Kepala Bidang Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan tentang tahapan dan mekanisme penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah, pemaparan oleh Kepala Bidang Penataan Dan Pengkajian Lingkungan tentang isu strategis bidang lingkungan hidup dan pemaparan Kepala UPTD KPH Wilayah VI Gorontalo tentang isu strategis bidang kehutanan yang akan menjadi informasi dasar dalam penyusunan Renja 2021.

kegitanan ini diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab oleh semua yang hadir dalam forum ini.

 

Pewarta : Nurmulianto Nasaru - DLHK

Baca 233 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama