>
Jumat, 20 Desember 2019 20:58

Perhubungan Siap Menyongsong Angkutan Natal Dan Tahun Baru 2020

Oleh
Beri rating
(0 suara)
GORONTALO - Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim bertindak sebagai pembina apel kesiapan dan pembukaan posko terpadu penyelenggaraan angkutan laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Pelabuhan Gorontalo, Rabu (18/12/2019).
Kepala dinas perhubungan Provinsi Gorontalo H. Muh. Jamal Nganro menyatakan bahwa Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo bersama Kepala KSOP Gorontalo, Kepala BPTD Wilayah XXI Gorontalo bersama istansi terkait siap menyongsong Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Sebanyak empat belas armada kapal disiapkan untuk melayani para pemudik dalam menghadapi perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 mendatang. Keempat belas armada kapal penumpang tersebut akan beroperasi di Pelabuhan Umum Gorontalo, Pelabuhan Penyeberangan ASDP Gorontalo, Pelabuhan Tilamuta, Pelabuhan Kwandang Pelabuhan dan Pelabuhan Penyeberangan Marisa.
Di Pelabuhan Gorontalo terdapat 8 unit kapal yang siap melayani penumpang yang akan melaksanakan perjalanan terdiri dari 2 unit kapal Pelni, 2 unit Kapal Penyeberangan dan 4 unit Kapal Perintis dan dilakukan maping jadwal sehingga tidak terjadi kekosongan pelayanan. Selain itu di pelabuhan Kwandang terdapat 3 unit kapal yang terdiri dari 2 unit kapal perintis dan 1 unit kapal tol laut khusus ternak. Di pelabuhan tilamuta terdapat 2 unit kapal yaitu 1 unit kapal perintis dan 1 unit kapal Tol Laut Barang. Di pelabuhan penyeberangan marisa terdapat 1 unit kapal penyeberangan sedangkan Pelabuhan Anggrek di khususkan untuk pelayanan angkutan barang.
Sedangkan untuk angkutan udara, maskapai Garuda siap melayani penerbangan secara regular sampai dengan akhir tahun (1 kali tiap hari), begitu juga dengan Lion Group (Batik Air 1 kali, Lion Air 2 kali dan Wings air 2 kali setiap hari). Sedangkan Citilink akan menyesuaikan kembali dengan jadwal regulernya (4 kali seminggu) pada tanggal 16 Desember 2019. Khusus untuk maskapai Garuda pemerintah Provinsi Gorontalo akan mengusulkan untuk penambahan rute Gorontalo – manado di tahun 2020 mendatang
Untuk memastikan kelaikan armada angkutan yang akan digunakan pada penyelenggaraan angkutan Nataru ini, KSOP dan UPBU Djalaluddin serta BPTD Wilayah XXI Gorontalo bersama dengan Dishub Provinsi Gorontalo serta instansi terkait telah melakukan ramp check yang dimulai pada bulan November 2019. Lebih lanjut Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo menyampaikan bahwa di sektor perhubungan laut, udara dan darat telah dilakukan rump check yakni di Pelabuhan Gorontalo pada tanggal 28 dan 29 November 2019 dan di bandara  Djalaluddin Gorontalo pada tanggal 16 Desember 2019 serta di terminal dari tanggal 13 s.d 18 Desember 2019 guna memastikan kelaikan moda angkutan (kapal, pesawat dan Bus).
Pada tahun 2019 ini penyelenggaraan natal dan tahun baru 2020 bertepatan dengan masa libur sekolah sehingga diperkirakan adanya lonjakan penumpang walupun lonjakannya tidak signifikan jika dibandingkan dengan pada penyelenggaraan angkutan lebaran yang lalu.
Sementara itu Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim yang bertindak sebagai pembina apel berharap penyelenggaraan angkutan laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Provinsi Gorontalo sesuai dengan slogan mudik Kementerian Perhubungan yakni ‘PASTINYA’, atau Pelayaran yang Aman, Selamat, Tertib dan Nyaman.
“Sesuai dengan sambutan Dirjen Perhubungan Laut tadi bahwa untuk menghadapi natal dan tahun baru itu ada kenaikan penumpang kurang lebih 1,84 persen. Sehingganya kita harus persiapkan semuanya dengan baik,” kata Wagub Idris Rahim.
Pelaksanaan posko terpadu penyelenggaraan angkutan laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 akan berlangsung selama 22 hari, terhitung mulai 18 Desember 2019 hingga 08 Januari 2020.
 
Pewarta :  Monika Oktaviarini - Dishub
Baca 189 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama