>
Selasa, 26 Mei 2015 08:24

Gorontalo 3 Besar Pengendalian Inflasi Terbaik Nasional

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo

Gorontalo, Prestasi demi prestasi terus dicatatkan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo di bawah kepemimpinan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim. Setelah sukses meraih 10 besar terbaik nasional Laporan Penyelenggaran Pemerintah Daerah (LPPD), kali ini Provinsi Gorontalo masuk nominasi 3 besar pengendalian inflasi terbaik nasional tahun 2014 bersama Kalimantan Barat dan Nusa Tenggara Timur.
Provinsi Gorontalo berdasarkan hasil evaluasi hingga akhir 2014 mencatatkan tingkat inflasi terendah secara nasional yakni sebesar 5,28 persen. Angka itu jauh dari inflasi nasional sebesar 8,36 persen. Untuk meraih predikat terbaik dalam pengendalian inflasi nasional, Provinsi Gorontalo masih harus bersaing dengan Kalbar dan NTT.

Rakornas yang akan dihadiri oleh Wakil Gubernur di Jakarta 27 Mei mendatang menjadi penentu daerah terbaik pengendalian inflasi tingkat nasional. Selain itu, akan dibahas juga sejumlah isu strategis daerah yang rencananya akan dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Secara nasional kita inflasi terendah dari semua provinsi. Namun capaian itu belum cukup, masih ada kinerja makro ekonomi yang akan dievaluasi seperti program pro pengendalian inflasi, sinergitas lintas sektor, serta road map pengendalian inflasi daerah,” terang Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa, Senin (25/5).

Lebih lanjut Winarni mengungkapkan, masuknya Gorontalo sebagai nominasi tidak terlepas dari Komitmen Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim dalam upaya pengendalian inflasi daerah. Komitmen pimpinan menurutnya sangat penting agar operasionalisasi pada level menengah ke bawah bisa berjalan dengan baik. Hal itu dibuktikan dengan pembentukan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang dipimpinnya.

“Sekarang semua kabupaten/kota juga sudah punya TPID sehingga pengendalian inflasi bisa kita pantau dan evaluasi secara berkala dan terukur. Kita punya jadwal kapan melakukan pertemuan lintas sektor baik rapat teknis maupun High Meeting Level (HML). Hal itu berguna untuk memonitor sejauh mana pergerakan harga dan cara untuk pengendaliannya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Biro Pengendalian Pembangunan dan Ekonomi (P2E) Jamal Ngandro mengaku optimis jika Gorontalo bisa meraih predikat terbaik tersebut. Selain karena inflasi terendah, Pemprov Gorontalo memiliki semua persyaratan terkait kebijakan serta strategi pengendalian inflasi daerah. Menurutnya, semua SKPD punya road map pengendalian inflasi daerah sesuai dengan fungsi dan perannya masing masing.

"Kita juga punya banyak program kegiatan yang pro pengendalian inflasi. Contohnya untuk pengendalian lonjakan harga beras yang sempat terjadi beberapa bulan lalu, kita rutin untuk menggelar pasar murah, penguatan petani dan monitoring ketersediaannya di pasaran. Bahkan saat itu, bapak Gubernur menginstruksikan harga beras Bulog 7400 disubsidi oleh Pemprov dan dilepas seharga 5000 Rupiah. Ini sangat efektif untuk pengendalian harga” beber Jamal.

Hal senada diutarakan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo Suryono. Ia mengaku kinerja dan komitmen pemprov sangat baik dalam upaya pengendalian inflasi di daerah. Ia bahkan menyebut, sejak dua tahun terakhir angka inflasi Gorontalo memecahkan rekor terendah dibanding infasi nasional.

“Kepedulian pemprov sangat sangat luar biasa. Perlu dicatat, dalam dua tahun terakhir sejarah inflasi Gorontalo di bawah nasional. Sebelum tahun 2013, inflasi kita selalu di atas angka nasional,” pujinya.

Kepedulian dan tindakan nyata di lapangan dalam mengendalikan harga harga di pasaran menurutnya hal terpenting yang sering dilakukan oleh pemerintah daerah bekerjasama dengan lintas sektor. Kedepan, menurutnya masih ada PR besar pemerintah utamanya dalam hal pembangunan infrastruktur produksi seperti irigasi dan waduk, serta pembangunan sarana jalan untuk distribusi. Dua hal itu akan menjadi kunci sukses pengendalian inflasi jangka panjang. (Humas-Ismail).

 

Baca 1413 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo