>
Jumat, 31 Mei 2013 09:10

Gorontalo Akan Terima 13 Kapal Inka Mina

Oleh
Beri rating
(0 suara)
ilustrasi. pic: antaranews ilustrasi. pic: antaranews

Gorontalo, Pemerintah Provinsi Gorontalo akan menerima bantuan sebanyak 13 kapal Inka Mina dari Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tahun ini.

Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Gellwynn Jusuf di Gorontalo, Kamis mengatakan, Gorontalo layak mendapatkan tambahan bantuan yang lebih besar, karena aktif menjalankan operasi kapal tersebut untuk peningkatan kesejahteraan nelayan. "Kami menilai sejauh ini bantuan Inka Mina di Gorontalo telah dimanfaatkan dengan baik. Ini berdasarkan pengamatan saya di lapangan," katanya.

Dengan menggunakan kapal berkapasitas 30 Gross Ton (GT) tersebut, hasil tangkapan nelayan jauh lebih banyak sehingga keuntungannya pun semakin besar.

Provinsi Gorontalo telah mendapatkan bantuan kapal Inka Mina sejak tahun 2010 dan telah beroperasi sebanyak 15 unit. Pada tahun 2010, pemprov mendapatkan dua unit kapal, tahun 2011 delapan unit, tahun 2012 sebanyak lima unit dan tahun 2013 rencananya akan bertambah 13 unit lagi.

Ia berharap bantuan ini digunakan secara maksimal dan adil oleh pihak-pihak yang berhak mengoperasikannya untuk keperluan penangkapan ikan. Pemerintah Pusat mengalokasikan 1.000 kapal inka mina untuk sejumlah daerah, sejak tahun 2010 hingga 2014 mendatang.

Meski demikian, pengadaan dan pengoperasian kapal itu di sejumlah daerah mengalami masalah baik dari segi perizinan, sumber daya manusia dan pembiayaan.

 

ANTARA NEWS GORONTALO

Baca 4475 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama