>
Jumat, 15 November 2019 21:09

Gorontalo Posisi Teratas Nasional Realiasi Belanja APBD

Oleh
Beri rating
(0 suara)

JAKARTA -  Gorontalo adalah provinsi yang realisasi belanja APBD per 12 November 2019 mencapai 77 persen, angka ini merupakan capaian tertinggi dari seluruh provinsi di Indonesia.

Setelah itu terdapat Provinsi DI Yogyakarta sebesar 72,9 persen, Jawa Tengah 68,9 persen, Lampung 67,4 persen, dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 65,8 persen.

Sedangkan realisasi belanja APBD provinsi per 31 Desember 2018, Provinsi Gorontalo berada di peringkat ke-lima sebesar 95,6 persen setelah Kalimantan Barat 98,3 persen, Kepulauan Riau 96,5 persen, Lampung 96,5 persen dan DI Yogyakarta 96 persen.

Capaian ini terungkap saat rapat inventarisasi data realisasi APBD Provinsi, Kabupaten/Kota Tahun 2018 dan Tahun 2019 tingkat nasional di Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Pertemuan yang berlangsung di ruang rapat Gedung F Lantai III Kementerian Dalam Negeri jalan Medan Merdeka Utara Jakarta Pusat ini dilakukan dalam rangka pengolahan data dan informasi laporan realisasi pelaksanaan APBD provinsi, kabupaten/kota 2018 dan triwulan III 2019.

“Setiap peserta membawa laporan realisasi APBD provinsi, kabupaten/kota triwulan III tahun 2019 dan laporan keuangan 2018 yang telah diaudit,” kata Syarifudin, Kepala Sub-Bagian Pengendalian Pembangunan Biro P2E Setda Provinsi Gorontalo yang mengikuti rapat yang digelar oleh Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri ini.

Syarifudin menjelaskan peserta dalam rapat ini adalah 2 orang pejabat yang membidangi pembinaan daerah dan pejabat penghubung TEPRA provinsi, kabupaten/lota yang ditugaskan oleh masing-masing gubernur, bupati/walikota se-Indonesia.

Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (TEPRA) ini dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden nomor 20 tahun 2015. TEPRA hadir dalam rangka pengawasan atas realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah pada setiap tahun anggaran berjalan, dan evaluasi terhadap pelaksanaan program pemerintah yang telah ditetapkan dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional dan rencana kerja pemerintah.

Pewarta : Jawahirah – Biro P2E

Baca 83 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo