>
Jumat, 06 Maret 2020 15:35

Gorontalo Usulkan Penambahan Alat Pendeteksi Tsunami

Oleh
Beri rating
(0 suara)

SURABAYA -   Pengadaan alat pendeteksi tsunami dan mitigasi jalur evakuasi, papan informasi khusus jalur sesar patahan menjadi salah satu yang diusulkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo kepada pemerintah pusat.

Sejumlah usulan ini diajukan pada rapat koordinasi teknis pembangunan nasional (Kortekbangnas) tahun 2020 di Shangri-la Hotel, Kota Surabaya, Jumat (6/3/2020).

Rapat Kortekrenbang ini diselenggarakan dalam rangka sinergi perencanaan pembangunan Pemerintah Pusat dan daerah untuk mengoptimalkan pencapaian target pembangunan nasional.

“Kami mengusulkan sejumlah program pada pertemuan Kortekrenbang,” kata Ramiz Suleman, Kepala Sub-bagian Perencanaan dan Evaluasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo yang mengikuti kegiatan ini.

Ramiz Suleman menjelaskan sejumlah program lain yang juga diusulkan dalam pertemaun ini antara lain pembuatan dokumen perencanaan kedaruratan bencana sesuai amanat PP nomor 21 tahun 2008, pembuatan dokumen informasi data kebencanaan sebagai dasar standar pelayanan minimal, pembangunan shelter yang dikombinasikan dengan pihak teknis terkait, hal ini dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan.

Selain itu juga Pemerintah Provinsi Gorontalo akan mengkoordinasikan pembuatan Tim Reaksi Cepat (TRC) Terpadu yang melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, termasuk dalam biaya pelatihan dan penanganan.

“Untuk rencana kontinjensi bisa disusun di tahun 2021 sebagai dasar pedoman pelaksanaan,” ujar Ramiz Suleman.

Dalam pertemuan yang dikoordinir Kementerian Dalam Negeri ini dihadiri Badan Nasional penanggulangan Bencana (BNPB), Bappenas dan OPD Provinsi, Bappeda, BPBD kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo.

 

Pewarta : Iswandi Jusuf - BPBD

Baca 139 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama