>
Jumat, 31 Mei 2013 09:44

Gubernur Gorontalo Harapkan PPI Leyato Jadi PPP

Oleh
Beri rating
(0 suara)
ilustrasi ilustrasi

Gorontalo, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, mengharapkan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Leyato di Kota Gorontalo, harus beralih status menjadi Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP).

Menurut Gubernur, Kamis, berjanji akan memperjuangkan alih status tersebut di Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, melalui Dirjen Perikanan Tangkap (Dirjen PT). "Tahun ini Provinsi Gorontalo mendapatkan anggaran kurang lebih Rp10 miliar untuk pembuatan dermaga. Saya berharap tahun berikutnya status PPI ini bisa berubah menjadi PPP, untuk lebih memudahkan para nelayan," kata Rusli.

Menurutnya, PPI Leyato butuh peningkatan status, karena lokasi ini sebagai sentra perikanan khususnya di Kota Gorontalo. Selain sebagai tempat bongkar muat ikan hasil tangkapan nelayan, lokasi ini juga menjadi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) bagi warga Kota Gorontalo dan sekitarnya. "Saya ingin di lokasi ini juga akan disiapkan bangunan khusus untuk pendingin ikan. Tujuannya, agar kualitas ikan hasil tangkapan dapat terjaga dengan baik," imbuhnya.

Gubernur menambahkan, peningkatan kesejahteraan hidup nelayan harus didukung oleh infrastruktur yang memadai, dan hal itu menjadi tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah.

Sementara itu, Dirjen Perikanan Tangkap Gellwynn Jusuf menyambut positif keinginan Gubernur. Menurutnya, pemerintah pusat menyambut baik setiap usulan yang masuk, selama penyerapan anggaran berjalan tepat waktu, efektif dan efisien. "Jika bantuan untuk program tahun 2013 ini berjalan sukses, maka kami siap mengalih statuskan PPI Leyato pada tahun 2014," katanya.

 

ANTARA NEWS GORONTALO

Baca 5353 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama