>
Jumat, 13 Mei 2016 10:02

Gubernur Minta Disperindagkop Pantau Sembako Jelang Ramadhan

Oleh
Beri rating
(0 suara)
ilustrasi ilustrasi

Gorontalo, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) untuk turun lapangan, guna memantau kondisi sembilan bahan pokok (Sembako) jelang bulan Ramadhan.

Gubernur menjelaskan, pemantuan stok dan harga sembako ini rutin dilaksanakan dinas terkait, bahkan pihaknya juga turun langsung, baik menjelang Ramadhan maupun jelang lebaran, di mana pemerintah tidak ingin mandapati ada harga bahan pokok yang tiba-tiba melonjak.

"Tidak hanya itu, kami juga akan memastikan stok kebutuhan bahan pokok tersedia, jangan sampai sudah masuk Ramadhan justru terjadi kelangkaan," kata gubernur, Kamis.

Dinas terkait harus menurunkan tim pemantauan harga bahan pokok, hingga ke pelosok-pelosok dan pasar tradisional, merilis perkembangan harga bahan pokok setiap harinya.

"Termasuk stok gas elpiji tiga kilogram yang paling banyak dikeluhkan hilang dari pasaran jelang Ramadhan," ujarnya.

Sementara itu kepala Disperindagkop Provinsi Gorontalo Abdul Haris Hadju menjelaskan, terkait antisipasi lonjakan kenaikan harga bahan pokok, pihaknya sudah menurukan tim pengawasan harga bahan pokok ke sejumlah pasar tradisional di kabupaten dan kota.

"Tim sudah kami turunkan sejak tiga hari lalu, apa yang mereka dapatkan akan dilaporkan untuk dilakukan evaluasi," katanya.

Ia menambahkan, tidak hanya kepasar-pasar, pihaknya juga mengecek langsung ketersedian bahan pokok pada distributor-distributor dan meminta kesediaan mereka juga terkait ketersediaan stok.

Namun untuk menjaga harga tetap stabil, lanjut Haris bahwa beberapa hari sebelum bulan Ramadhan pihaknya serta instansi terkait akan menggelar pasar murah di sejumlah titik di Gorontalo.

"Langkah ini penting, untuk mengendalikan harga bahan pokok di pasaran," jelasnya.

Jika didapati di suatu wilayah mengalami harga bahan pokok mulai bergejolak atau stok mulai berkurang, maka pihaknya akan melaksanakan operasi pasar, hingga harga kembali stabil.

Dijelaskanya, pemerintah pusat sudah mengimbau agar daerah menjaga harga bahan pokok tetap stabil, sehingganya selain operasi pasar, pihaknya juga memantau arus kelancaran pasokan barang. (Farid - Antara News Gorontalo)

Baca 1176 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama