>
Selasa, 26 Mei 2015 08:29

Gubernur Optimis Gorontalo Bisa Terbaik LPPD

Oleh
Beri rating
(0 suara)

Gorontalo, Predikat sebagai provinsi terbaik 10 tingkat nasional dalam hal Laporan Penyelengaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tidak membuat Pemprov Gorontalo berpuas diri. Menurut Gubernur Rusli Habibie, Provinsi Gorontalo seharusnya bisa terbaik nasional penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Itu bisa dicapai jika semua daerah termasuk kabupaten/kota bisa memperbaiki kinerja, pelaporan, pendokumentasian dan pendataan berbagai capaian yang dipersyaratkan dengan baik.

“Saya sangat optimis kita bisa masuk tiga besar bahkan terbaik nasional. Penilaian ini amat penting untuk mengetahui keberhasilan penyelenggaraan pemerintah daerah sekaligus sebagai sumber informasi utama yang digunakan pemerintah pusat,” terang Rusli.

Oleh karena itu, lanjut kata Rusli, dibutuhkan komitmen dan sinergitas antara kabupaten/kota dan provinsi untuk memberikan data dan informasi selengkap lengkapnya. Selain itu, Pemprov terus mendorong kepada kabupaten/kota yang capaian LPPD relatif rendah bisa semakin baik tiap tahunnya.

“Sebab kinerja pemerintah provinsi terhadap LPPD juga sangat dipengaruhi oleh kinerja kabupaten/kota. Untuk penilaian 2014, tim dari pusat akan turun lagi di bulan September. Jangan sampai kita terburu buru lagi menyiapkan datanya. Jangan mengulangi kesalahan yang sama,” tegasnya.

Sementara itu, berdasarkan evaluasi Sekretaris Daerah Winarni Monoarfa, dari empat indikator utama penilaian sebetulnya setiap daerah sudah melaksanakan program dengan terbaik. Hanya saja, ada beberapa indikator yang pendokumentasian dan pendataannya masih kurang yang berpengaruh pada penilaian akhir.

Aspek tataran pengambilan kebijakan, tataran pelaksanaan kebijakan, aspek capaian kinerja urusan pemerintahan serta agregasi kabupaten/kota menjadi 4 indikator utama penilaian.

Dari LPPD 2013, capaian kinerja kabupaten/kota masih ada yang berstatus “tidak ada informasi” (TDI). Kabupaten Bone Bolango terbanyak yakni 71 item, Kab Boalemo 21 item, Kab. Gorontalo utara 14, Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo 1 item serta Kab. Pohuwato 0 item.

“ada juga capaian kinerja yang disajikan tidak wajar, kekeliruan dalam maping realisasi dan anggaran belanja serta faktor elemen data pembangi tidak konsisten. Contohnya jumlah penduduk, jumlah pegawai dan jumlah rumah” bebernya.

Sebagaimana diketahui, Provinsi Gorontalo tahun 2013 memperoleh peringakat 10 nasional LPPD dari Kementrian Dalam Negeri. Prestasi itu memperbaiki capaian tahun 2012 yang berada di urutan 16, dan tahun 2011 berada di urutan 26. Untuk kategori kabupaten/kota, Kabupaten Pohuwato terbaik dibanding 5 daerah lain yakni berada di peringakat 22, disusul Kota Gorontalo peringkat 29, Kabupaten Gorontalo peringat 36, Kabupaten Boalemo, Gorontalo Utara dan Bone Bolango masing masing peringakat 144, 154 dan 203. (Humas-Ismail)

 

Baca 1042 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo