>
Jumat, 13 Maret 2020 11:21

Gula Aren Warga Totopo Tembus Negeri Belanda

Oleh
Beri rating
(0 suara)

BILATO  – Dalam kegiatan reses anggota DPRD Provinsi Gorontalo asal daerah pemilihan IV Boliyohuto cs mengunjungi kelompok tani penghasil gula aren binaan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah VI Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang berada di Desa Totopo Kecamatan Bilato Kabupaten Gorontalo.

Kelompok tani ini sudah memproduksi Brown Sugar yang telah dipasarkan dengan harga jual di tingkat petani Rp30 ribu per kilogram dan di tingkat pengecer seharga Rp50 ribu per kilogram.

Selain brown sugar gula aren ini, juga diproduksi gula – gula Soba yang saat ini sedang booming di daerah Gorontalo dengan harga jual seharga Rp20 ribu per kotak yang berisi 15 buah.

Pangsa pasar produk brown sugar ini adalah Negeri Belanda yang diekspor melalui pelabuhan Bitung dengan jumlah 500 Kg. Gula aren ini sudah memenuhi uji laboratorium PT Unilever Indonesia.

Venny Anwar, anggota legislatif Dapil IV sangat mengapresiasi usaha kelompok tani ini yang mampu berinovasi dengan memaksimalkan pemanfaatan potensi aren. Selama ini banyak petani yang menggunakan air nira ini sebagai penghasil minuman beralkohol, cap tikus.

“Produksi gula aren ini harus lebih banyak dipasarkan, diperkenalkan kepada masyarakat sehingga dapat meningkatkan daya jual. Kami berharap kepada dinas terkait, DLHK lebih memperbanyak pelatihan kepada kelompok tani untuk menumbuhkembangkan produk gula aren ini,” kata Venny Anwar.

 

Pewarta : Yani Uno – Set DPRD

Baca 125 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama