>
Senin, 28 Oktober 2019 10:26

Hari Sumpah Pemuda Momentum Membangun Karakter Pemuda

Oleh
Beri rating
(0 suara)
 Ketua KNPI Provinsi Gorontalo, Ghalib Lahidjun (tengah) membacakan Ikrar Sumpah Pemuda pada upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di lapangan Museum Purbakala, Kota Gorontalo, Senin (28/10/2019). (Foto Haris – Humas) Ketua KNPI Provinsi Gorontalo, Ghalib Lahidjun (tengah) membacakan Ikrar Sumpah Pemuda pada upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di lapangan Museum Purbakala, Kota Gorontalo, Senin (28/10/2019). (Foto Haris – Humas)

GORONTALO – Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 merupakan momentum untuk membangun pemuda bangsa yang memiliki karakter tangguh, beriman dan bertakwa, berintegritas, jujur dan santun, berkinerja, serta bertanggung jawab.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim saat membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia pada upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda tingkat Provinsi Gorontalo di lapangan Museum Purbakala, Kota Gorontalo, Senin (28/10/2019).

“Pemuda harus memiliki karakter moral, disiplin, memiliki kapasitas intelektual dan kemampuan kepemimpinan, kewirausahaan, serta harus memiliki inovasi sehingga bisa berperan aktif dalam kancah internasional,” kata Wagub Idris Rahim.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2019 mengangkat tema ‘Bersatu Kita Maju’. Idris mengutarakan, tema tersebut mengandung makna bahwa pemuda harus menjadi pelopor untuk Indonesia lebih maju. Pemuda yang berkarakter, kemampuan inovasi, kreativitas tinggi, mandiri, serta inspiratif diharapkan mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global.

“Di tangan  pemuda Indonesia bisa lebih maju. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara. Ke depan diharapkan akan muncul tokoh-tokoh pemuda yang mendunia,” imbuhnya.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tingkat Provinsi Gorontalo dirangkaikan dengan apel Korpri yang diikuti oleh Aparatur Sipil Negara lingkup Pemprov Gorontalo, pelajar, serta organisasi kepemudaan. Pada upacara tersebut dibacakan Ikrar Sumpah Pemuda oleh Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Gorontalo Ghalib Lahidjun bersama sejumlah pemuda yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Diakhir upacara, Wagub Idris Rahim menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Peraturan Baris Berbaris yang digelar oleh Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo dalam rangka menyemarakkan Hari Sumpah Pemuda. Berhasil keluar sebagai juara pertama pada lomba tersebut yaitu SMA Negeri 3 Gorontalo, disusul oleh SMK Negeri 1 Bulango Selatan dan SMA Negeri 1 Gorontalo Utara, masing-masing juara kedua dan ketiga.

 

Pewarta : Haris - Humas

Baca 36 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo