>
Selasa, 22 Oktober 2019 13:57

Hindari Kerusakan Laut DKP Gelar Bimtek Alat Tangkap Ramah Lingkungan

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Nelayan di wilayah Gorontalo hars menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan agar tiadk merusak lingkunagn dan menghindari punahnya spesies ikan tertentu.

Untuk itu Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo bekerja sama dengan  Direktorat Kapal dan Penangkapan Ikan (KAPI) Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelar bimbingan teknis (Bimtek) alat tangkap ramah lingkungan di Lahilote Room Grand Zanur Hotel Kota Gorontalo, Selasa (22/10/2019).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan pengetahuan nelayan tangkap terhadap alat tangkap yang harus digunakan saat melaut.

Bimtek yang dilaksanakan selama 2 hari ini dibuka Sekretaris Dinas, Muhiddin Djailani. Dalam kegiatan ini menggunakan metode materi dan praktek, peserta yang hadir sebanyak 30 orang nelayan wakil dari kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo yang mengoperasikan armada penangkapan berukuran di bawah 10 GT.

Muhiddin Djailani menuturkan peningkatan Sumber Daya Manusia khususnya nelayan terus dilaksanakan sebagai upaya untuk mengubah cara berfikir masyarakat agar lebih memiliki pengetahuan dan wawasan terhadap penangkapan ikan yang ramah lingkungan.

"Saya berharap bimtek ini memberikan manfaat bagi pelaku usaha penangkapan ikan sehingga mampu mengadopsi inovasi dan mau menerima perubahan, nelayan yang menggunakan armada di bawah 10 GT menjadi fokus pembinaan karena alat tangkap yang di gunakan sering tidak ramah lingkungan seperti cantrang dan sejenisnya yang menggunakan mata jaring lebih kecil dari 1 inch,” kata Muhiddin Djailani.

 

Pewarta : Yanto - PPID DKP

Baca 129 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo