>
Sabtu, 15 Februari 2020 07:57

Idah Syahidah dan BPBD Serahkan Bantuan Kepada Korban Musibah Gelombang Pasang

Oleh
Beri rating
(0 suara)

BIAU -  Ombak dan gelombang laut yang besar membuat pantai dan jalan di Desa Topi Kecamatan Biau Kabupaten Gorontalo Utara mengalami abrasi, rumah penduduk juga mengalami kerusakan akibat terjangan ombak ini sejak Rabu (12/2/2020).

Laporan gelombang dan ombak besar kepada tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo langsung direspon dengan menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi.

“TRC BPBD langsung bergerak untuk pengecekan lapangan,” kata Sumarwoto, Kepala BPBD Provinsi Gorontalo.

Langkah TRC ini diikuti rombongan Idah Syahidah, anggota Komisi VIII DPR  bersama Kepala BPBD Provinsi Gorontalo untuk meninjau lokasi kejadian. Kedatangan rombongan ini juga membawa bantuan yang diserahkan kepada 5 Kepala Keluarga yang menjadi korban keganasan gelombang tinggi, Jumat (14/2/2020).

“Terima kasih kepada Ibu Idah Syahidah yang telah peduli kepada masyarakat yang terkena musibah. Ibu Idah juga mengunjungi pelosok desa yang berada di ujung barat Bumi Gorontalo Utara,” kata SUmarwoto.

Di mata SUmarwoto, Idah Syahidah sudah lama dikenal sebagai sosok yang tidak mengenal lelah untuk mengunjungi masyarakat di pedesaan. Di mana pun mendengar ada musibah alumni Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung ini langsung turun tangan membantu warga.

Bencana gelombang pasang dan ombak besar yang disertai angin kencang di Gorontalo Utara ini menimpa  Keluarga Dedy Mii dan Yunus Dai, dinding bagian belakang rumah mereka ambruk dan atapnya terbang dihantam angin.

Untuk meringankan beban keluarga, Idah Syahidah bersama tim BPBD menyerahkan bantuan berupa beras, mi instan, terpal, perlengkapan sekolah, family kid .

“Kami berharap keluarga tabah menerima cobaan ini dan ke depan masyarakat harus menjaga lingkungan, tepi pantai ditanami pohon pelindung untuk pemecah ombak dan hidup bersih, terutama dari sampah plastic,” kata Idah Syahidah.

Idah Syahidah juga meminta masyarakat untuk menggunakan tumbler untuk persediaan minuman masing-masing, agar mengurangi sampah plastik dan juga bisa menghemat.

Kepala BPBD Provinsi Gorontalo, Sumarwoto juga berpesan bahwa pada Januari-Maret di Gorontalo termasuk daerah yang diprediksi terkena cuaca ektrem yang bisa menimbulkan bencana banjir, tanah longsor dan ombak besar,  ia minta masyarakat yang tinggal di sempadan sungai, lereng gunung dan tepi pantai meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

“Kalau masyarakat dan pemerintah siap, maka risiko bencana dapat dikurangi. Kehadiran Idah Syahidah serta Tim BPBD semoga menjadi obat bagi masyarakat yang ditimpa bencana,” ujar Sumarwoto.

 

Pewarta : Iswandi Jusuf - BPBD

Baca 127 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama