>
Selasa, 18 Februari 2020 09:37

Idris Rahim Minta Warga Memastikan Tercatat Di Sensus Penduduk

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO –  Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim meminta masyarakat untuk memastikan tercatat pada Sensus Penduduk 2020. Hal ini disampaikan saat mengisi data sensus penduduk di rumah jabatan wakil gubernur.

Idris Rahim dan keluarga didatangi Kepala Badan Pusat Statistik Herum Fajarwati, Kepala Bidang Statistik Fatma Biki, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Catatan Sipil Slamet Bakri untuk didata sebagai warga negara dalam sensus penduduk.

Dalam pendataan ini Idris Rahim mengisi data-data secara dalam jaringan (daring) atau online yang didampingi petugas. Sensus penduduk kali ini memberi tawaran yang lebih mudah dengan memanfaatkan jaringan internet.

Bagi masyarakat yang belum mendata secara daring, pencacahan penduduk juga dapat dilakukan secara manual.

“Bagi masyarakat yang tidak dapat melakukan sensus secara online, dapat berpartisipasi melalui Sensus Penduduk wawancara yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2020,” kata Idris Rahim, Sabtu (15/2/2020).

Usai pengisian data, Fatma Biki menjelaskan Sensus Penduduk 2020 ini untuk pertama kalinya pemerintah membuka peran aktif masyarakat dalam pengisan data secara daring. Ini dilakukan untuk memudahkan warga mengisi di mana saja dan kapan saja dalam tenggat waktu yang telah ditentukan.

“Kami mengajak partisipasi masyarakat, untuk memutahirkan data diri. Ada 2 tahap, yang pertama sensus penduduk secara daring. Masyarakat kami imbau untuk mengisi data diri dengan keterangan terkini, mulai 15 Februari sampai 31 Maret bisa masuk ke tautan https://sensus.bps.go.id. Kemudian masyarakat bisa memasukkan Nomor Induk Kependudukan dan nomor Kartu Keluarga,” kata Fatma Biki.

Secara serentak sensus penduduk secara daring dimulai Sabtu 15 Februari 2020 yang diawali dari kepala daerah. Berhubung Gubernur Gorontalo Rusli Habibie berada di luar daerah, sehingga Wakil Gubernur Provinsi Idris Rahim yang didampingi dalam pengisian awal sensus di Provinsi Gorontalo.

“Demikian juga dengan tim BPS yang ada di kabupaten/kota, masing-masing mendampingi bupati dan walikota untuk mendata secara daring,” ujar Herum Fajarwati.

Usai mengisi kuisioner Sensus Penduduk daring secara mandiri, Idris Rahim mengajak seluruh masyarakat Gorontalo untuk segera mencatatkan informasi diri dan keluarga melalui Sensus Penduduk secara online sebelum batas akhir pada tanggal 31 Maret 2020 bisa masuk melalui tautan https://sensus.bps.go.id.

 

Pewarta : Herman Pasue – Kominfo & Statistik Provinsi Gorontalo

Baca 110 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama