>
Kamis, 08 Agustus 2019 07:34

Inilah 3 Persyaratan Pengasuhan Anak

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Ada 3 persyaratan pengasuhan anak dilakukan oleh lembaga asuhan anak, yaitu orang tua anak tidak dapat menjamin tumbuh kembang anak secara wajar baik fisik mental spritual maupun sosial, orang tua dicabut kuasa asuhnya berdasarkan penetapan pengadilan dan anak yang memerlukan perlindungan khusus.

Persyaratan pengasuhan ini disampaikan pada sosialisasi Peraturan Pemerintah nomor 44 tahun 2017 tentang pelaksanaan pengasuhan anak yang dilaksanakan Biro Hukum Kementerian Sosial di Hotel Grand Q Kota Gorontalo, pada Senin (5/8/2019).

Sehubungan dengan telah diundangkannya PP nomor 44 tahun 2017, maka pemerintah melakukan dilakukan sosialisasi dalam rangka menyampaikan informasi guna diperoleh pemahaman dan pengertian yang sama oleh Dinas Sosial, Satuan Bhakti Pekerja Sosial, Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK)  terkait pelaksanaan pengasuhan

Sosialisasi ini dihadiri Kepala Dinas Sosial PP dan PA Provinsi Gorontalo Risjon Kujiman Sunge, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Anak Didi Wahyudi Bagoe, Kepala Seksi  Anak Dinas Sosial Linda Rauf, dan 35 orang peserta terdiri dari Lembaga Kesejahteraan Anak, Sakti Peksos, TKSK dan Dinas Sosial Kota Gorontalo.  

Sebagai narasumber Kepala Bagian Penyusunan Naskah Hukum Sekretariat Jenderal Kemensos, Akhiril Hadi.

“Begitu kompleksnya persoalan  anak sehingga mengharapkan dukungan dan perhatian kita baik dari Dinas Sosial Provinsi Gorontalo dan kabupaten kota, lembaga asuhan anak yang ada di kabupaten kota dan semua elemen baik itu dari pemerintah, masyarakat maupun di lingkungan keluarga, semuanya harus terlibat dalam persoalan anak sehingga dapat teratasi,” kata Risjon sunge dalam mengawali materi sosialisasinya.

Lebih lanjut Risjon Sunge berharap tidak ada  yang menjadi hambatan dan kendala dalam menyelesaikan persoalan anak tanpa adanya partisipasi dari semua pihak. Oleh karena itu sangat di butuhkan partisipasi untuk mendorong agar orang tua di dalam keluarga dan lembaga pengasuhan anak, serta masyarakat agar memahami peran masing-masing dalam upaya pengasuhan anak yang baik dan benar.

Sementara itu, Akhiril Hadi menyampaikan bahwa  Peraturan Pemerintah nomor 44 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pengasuhan Anak mengamanatkan setiap anak berhak diasuh oleh orang tuanya sendiri, jika terjadi pemisahan anak atas kepentingan terbaik bagi anak tersebut, maka pengasuhan harus dilakukan oleh Lembaga Asuhan Anak yang sifatnya sementara sampai dilakukan pengasuhan yang permanen.

Akhiril Hadi menambahkan, bahwa dalam hal pengasuhan anak dilakukan oleh Lembaga Asuhan Anak, terdapat 3 syarat yaitu pertama, orang tua anak tersebut tidak dapat menjamin tumbuh kembang anak secara wajar, baik fisik, mental, spiritual maupun sosial, kedua, orang tuanya dicabut kuasa asuhnya berdasarkan penetapan pengadilan, dan ketiga, anak yang memerlukan perlindungan khusus.

Akhiril Hadi menekankan peran pentingnya kelekatan (attachment) antara anak dan orang tua agar anak dapat dengan mudah mengkomunikasikan kebutuhan dan keluhannya kepada orang tuanya, dimana kelekatan ini penting untuk dikembangkan pada masa tumbuh kembang anak khususnya pada 3 tahun pertama kehidupannya

 

Pewarta : Yoan Thalib – Dinas Sosial PP dan PA

Baca 183 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama