>
×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 47

Kamis, 27 September 2012 10:33

Jelang Idul Adha, Waspada Zoonosis

Oleh
Beri rating
(0 suara)

sapiGorontalo, Lebaran Idul Adha lebih kurang sebulan lagi. Meski begitu, jauh hari Pemprov Gorontalo melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak), mulai mengantisipasi penyebaran zoonosis, yaitu penyakit hewan yang dapat menular ke manusia.

Langkah itu dilakukan dengan mensosialisasikan penyakit zoonosis kepada petugas lapangan, BP3K, Kepala Bidang yang Membidangi Kesmavet, Kepala Badan Koordinasi Penyuluh (Bakorluh), petugas RPH/TPH dan petugas juru sembelih.

Kepala Disbunnak, Yusuf Giasi didampingi Kasubdin Keswan dan Kesmavet, Nancy Lahay mengungkapkan, Gorontalo merupakan salah satu daerah percepatan pencapaian swasembada daging sapi. Keberhasilan program tersebut turut ditentukan oleh kesiapan untuk mengatasi penyebaran penyakit menular. "Karena itu perlu dilakukan sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai penyakit hewan yang bersifat zoonosis, terutama pada sapi," tegasnya. Ia pun berharap, melalui sosialisasi zoonosi dapat menjamin ketentraman masyarakat dalam mengkonsumsi produk ternak.

Kepala Seksi Keswan Marhaeni MoO mengungkapkan perlunya sosialisasi dilaksanakan, terlebih lagi menghadapi lebaran Idul Adha. "Untuk menyembelih hewan qurban, harus sesuai Standar Operasional (SoP), dimana pemotongan harus dilakukan di RPH/TPH, dengan melalui proses pemeriksaan, sehingga pangan yang akan dikonsumsi masyarakat adalah pangan yang ASUH," katanya.

Baca 2305 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo