>
Rabu, 11 Juli 2012 10:35

Jelang Ramadhan, Waspadai Barang Kadaluwarsa

Oleh
Beri rating
(0 suara)

Pasar TradisionalGorontalo, Lazimnya setiap menjelang bulan suci ramadhan, permintaan masyarakat akan barang kebutuhan pokok mengalami peningkatan. Namun permasalahannya kondisi tersebut memicu peluang beredarnya barang-barang yang sudah kedaluwarsa atau expired. Sehingga hal itu akan berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat.

Mengantisipasi maraknya peredaran barang kedaluwarsa yang dapat memengaruhi kesehatan masyarakat menjelang ramadhan, maka Komisi IV Deprov Gorontalo akan turun melakukan inpeksi. Langkah tersebut akan dilakukan bersama-sama dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Gorontalo.

"Pengawasan terhadap kesehatan masyarakat merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi yang diemban Komisi IV Deprov Gorontalo. Karena itu mengantisipasi maraknya peredaran barang pokok yang sudah kedaluwarsa menjelang ramadhan, maka Komisi IV bersama BPOM Gorontalo akan turun melakukan inspeksi," ujar Ketua Komisi IV Deprov Gorontalo Ir.Syarifudin Mobiliu.

Menurut Syarifudin Mobiliu, pelaksanaan inpeksi tersebut dimaksudkan untuk menjamin barang-barang yang dikonsumsi masyarakat aman. Selain itu untuk menjaga dan mengantisipasi jangan sampai ada barang-barang yang sudah kedaluwarsa atau expired yang masih diperjual belikan. Terutama menjelang bulan Ramadhan, di mana permintaan masyarakat akan barang-barang kebutuhan pokok mengalami peningkatan. Sehingga tidak menutup kemungkinan barang-barang yang sudah kedaluarsa diperjualbelikan.

"Barang-barang kebutuhan pokok yang sudah kedaluwarsa bisa menggangu kesehatan masyarakat apabila sampai dikonsumsi. Untuk itu Komisi IV Deprov Gorontalo turut bertanggungjawab mengantisipasi jangan sampai barang-barang kedaluarsa dikonsumsi masyarakat, terlebih menjelang ramadhan," tutur Legislator Partai Hanura itu.

Lebih lanjut Syarifudin Mobiliu mengemukakan, inspeksi akan mengambil lokasi pada toko-toko serta tempat yang menjadi pusat penjualan barang-barang kebutuhan masyarakat. "Dalam inspeksi bahan-bahan makanan dan minuman akan dilakukan pengetesan. Sehingga bisa diketahui apakah bahan makanan dan minuman tersebut masih layak dikonsumsi atau sudah kedaluwarsa," urai Syarifudin Mobiliu.

Di sisi lain, Syarifudin Mobiliu mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai peredaran barang kebutuhan pokok kedaluwarsa menjelang ramadhan. "Demikian pula kepada para pedagang dan distributor kami harapkan agar tidak memperjualbelikan barang-barang yang sudah kedaluarsa. Apabila dalam inspeksi nanti ditemukan ada yang memperjualbelikan barang-barang kedaluwarsa maka kita akan mendorong instansi terkait untuk menindak tegas," tandas Syarifudin Mobiliu.

Baca 2155 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo