>
Rabu, 29 Juli 2020 12:12

Kadis Dikbudpora Temui Dirjen Vokasi Bahas Pengembangan SMK

Oleh
Beri rating
(1 Vote)

 

YOGYAKARTA – Yosef Koton, Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo menemui Direktur Jenderal vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Wikan Sakarinto.

Pertemuan ini  dilaksanakan pada rapat koordinasi Pembinaan SMK di Yogyakarta membahas pengembangan SMK di Gorontalo, Rabu (29/7/2020).

Yosef Koton menyampaikan  bahwa saat ini pengembangan SMK di Gorontalo sudah mencapai tahap penyelarasan kurikulum dengan dunia usaha dan dunia industri. Sehingga ke depan pemerintah merencanakan SMK unggulan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sesuai arahan Direktur Pembinaan SMK.

"Kami sepakat dengan Pak Yosef, kalau mendengarkan penjelasan tadi saya sangat mendukung program yang ingin dilakukan oleh Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo," kata Wikan Sakarinto.

Wikan Sakarinto menambahkan SMK bisa menjadi unggulan daerah dengan produk yang dihasilkan, dengan melakukan BLUD maka sekolah bisa memperoleh pendapatan yang dapat digunakan untuk pemeliharaan dan pengembangan SMK.

“Melalui BLUD, SMK yang memiliki produk unggulan dapat mengelola proses produksi di teaching factory secara lebih fleksibel tanpa melanggar peraturan,” ujar Wikan Sakarinto.

Wikan menyampaikan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah secara rutin dan terarah akan menghasilkan output program yang lebih baik, SDM yang unggul profesional dan mandiri khususnya dalam pendidikan vokasional.

 

Pewarta : PPID Dikbudpora

Baca 159 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama