>
Kamis, 26 September 2013 20:45

Kain Karawo Gorontalo Diserbu Pengunjung TTG

Oleh
Beri rating
(0 suara)
ilustrasi ilustrasi foto doc

Padang, Kerajinan kain sulam dari Provinsi Gorontalo yang dipamerkan dalam Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-VX di Padang, Sumatera Barat, diserbu oleh para pengunjung.


Puluhan kain karawo yang dipajang langsung laris, dalam beberapa menit, setelah Menkokesra RI Agung Laksono membuka acara tersebut, Kamis.

 

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, berharap karawo bisa diterima dengan baik masyarakat Indonesia maupun negara lain. Ia menjelaskan karawo memiliki nilai seni yang tinggi, karena tingkat kesulitan dan waktu yang dibutuhkan tidak sedikit. "Untuk menghasilkan satu kain bermotif karawo, perajin harus tekun, teliti dan kreatif dalam membentuk pola yang disulam dalam kain. Karawo bukan sulaman biasa," ujarnya.


Ia berharap seluruh panitia atau kontingen Gorontalo bisa memberikan pelayanan terbaik pada pengunjung, sekaligus mempromosikan potensi daerah. "Kegiatan seperti TTG ini bisa lebih mendekatkan Gorontalo dengan daerah lain. Semakin banyak yang mengenal potensi daerah dan budaya kita, maka itu jadi indikator pameran ini sukses," tambahnya.


Selain karawo, produk lain yang menjadi andalan Provinsi Gorontalo adalah alat tangkap ikan dasar (Bandalo). Sebelumnya bandalo berhasil memperoleh juara satu tingkat provinsi pada ajang yang sama dan berhak dipamerkan di tingkat nasional. Bandalo diklaim bisa menghasilkan tangkapan ikan yang lebih banyak, dibandingkan dengan jala ikan biasa.


"Kategori penilaiannya beragam. Produknya mudah dioperasikan, bahan baku mudah didapat dan murah serta mudah bongkar pasang. Bandalo merepresantasikan semuanya," jelas Kasubid Sarana dan Prasarana BPMD-PK Provinsi Gorontalo, Didi Hermawan.


Pihaknya optimis Gorontalo bisa meraih peringkat 10 besar dalam pameran kali ini. Pada TTG tahun 2012 di Batam, Provinsi Gorontalo meraih terbaik ke enam dalam hal penataan dan kualitas barang yang dipamerkan.

 

Antara News Gorontalo

Baca 4018 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama