>
Rabu, 13 November 2019 19:04

Kanematsu Corporation Presentasikan Penanggulangan Bencana Di BPBD

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo mendapat kunjungan Mr Shinsuke Yazaki dari Kanematsu Corporation, Jepang, Rabu (13/11/2019).

Dalam kunjungan ini, Shinsuke Yazaki mempresentasikan program penanggulangan bencana khususnya pembuatan peta ancaman bencana banjir dan pemasangan alat system peringatan dini atau Early Warning System (EWS) gempa dan tsunami.

Shinsuke Yazaki menyakinkan bahwa Provinsi Gorontalo memerlukan peta ancaman bencana banjir dan alat deteksi dini ancaman bencana gempa dan Tzunami.

Gorontalo merupakan daerah yang dilewati patahan atau sesar yang membentang dari Kota Gorontalo, melewati Danau Limboto di Kabupaten Gorontalo, sampai di Kecamatan Kwandang dan Anggrek di Kabupaten Gorontalo Utara.

Patahan ini berpotensi menimbulkan gempa tektonik sekitar 8,5 SR dan mengancam 1 kota dan 2 kabupaten, 9 kecamatan, 40 desa dan 108 ribu jiwa.

“Kondisi rusaknya hutan dan lingkungan juga berpotensi menimbulkan ancaman bencana banjir besar. untuk itu di Gorontalo perlu dibuat peta rawan banjir dan rute ke mana jalur penyelamatanya,” kata Sumarwoto, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo.

Sumarwoto  juga menjelaskan antisipasi bencana gempa besar yang betpotensi Tsunami, di pinggir pantai yang rawan tsunami perlu dipasang alat EWS.

“Kami berharap ada dukungan data untuk mendukung proposal kegiatan dan anggaran ke Pemerintah Jepang,” kata Shinsuke Yazaki.

Shinsuke Yazaki  meminta BPBD Provinsi berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten/Kota untuk penganggaran pemasangan alat EWS di wilayahnya masing-masing.

“Mari kita senantiasa waspada, siap siaga dan tangguh,” ujar Sumarwoto.

 

Pewarta : Iswandi Jusuf - BPBD

Baca 266 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama