Print this page
Kamis, 23 Januari 2020 17:46

Kas Pemerintah Provinsi Gorontalo Ditempatkan di Bank Sulutgo

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Rekening Kas Umum daerah (RKUD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo telah dipindahkan ke Bank Sulutgo (BSG). Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan kerjasama pengelolaan RKUD oleh Kepala Badan Keuangan, Huzairin Roham dengan Direktur Operasional Bank Sulutgo, Welan Palilingan, dan disaksikan oleh Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, Kamis, (23/1/2020) di aula rumah dinas gubernur.

Usai penandatanganan Rusli Habibie menyampaikan penempatan kas daerah ini seharusnya sudah dilaksanakan tahun 2019, tapi ada sejumlah syarat teknis yang harus dipenuhi oleh Bank Sulutgo sehingga baru sekarang bisa dilakukan. Penempatan dana ini juga sudah seharusnya pada bank pembangunan daerah.

“Sekarang RKUD sudah di Bank Sulutgo, banyak uang yang harus bapak/ibu salurkan. Kita berusaha semua pemerintah daerah itu uangnya masuk dalam Bank Sulutgo. Saya mengimbau Bank Sulutgo harus dipegang oleh orang-orang yang profesional, jangan pernah ada campur tangan politik,” ungkap Rusli

Gubernur menambahkan terkait pelayanan, Bank Sulutgo diharapkan terus melaksanakan sosialisasi, menurutnya jika dilihat dari tingkat pengetahuan masyarakat Bank Sulutgo masih kurang menggema, dari pada bank umum lainnya.

“Apakah memang kurang promosi atau daya saingnya, daya juangnya atau mungkin karena bank plat merah jadi masyarakat enggan mengetahuinya. Jadi tolong Bank Sulutgo harus berani menawarkan project-project yang besar. Contohnya kan Hotel Grand Q sudah di take over oleh Bank Sulutgo, itu satu langkah besar,” ujar Rusli Habibie.

Rusli Habibie menyarankan Bank Sulutgo bekerjasama dengan perusahaan swasta seperti perusahaan pengelola SPBU. Karena menurutnya segala macam bentuk kerjasama yang baik akan meningkatkan inovasi Bank Sulutgo

“Contohnya anak saya itu kan punya SPBU, saya ingin pindahkan kasnya di Bank Sulutgo.  Tapi karena belum ada kerjasama antara pihak bank dengan SPBU maka belum jadi. Kami juga telah menghimbau bahkan mengharuskan pihak ketiga yang menjadi rekan Pemprov Gorontalo, untuk wajib hukumnya membuka rekening di Bank Sulutgo,” jelasnya

Sementara itu Direktur Operasional Bank Sulutgo Welan Palilingan menyampaikan Provinsi Gorontalo dengan 5 Kabupaten dan 1 Kota ini adalah salah satu pemegang saham dan juga sebagai pemilik Bank Sulutgo. Tercatat saham Provinsi Gorontalo sebanyak 2.8 persen atau sekitar 27 miliar.

“Bank Sulutgo juga siap meningkatkan kualitas pelayanan, salah satunya layanan pembayaran gaji pegawai setiap tanggal 1 bulan berjalan yang tetap bisa dilakukan meski di hari libur akhir pekan ataupun tanggal merah. Intinya kami melayani transaksi itu 7 hari 24 jam penuh,” tutur Welan.

Saat ini Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkungan pemprov masih melakukan proses perpindahan rekening gaji dari Bank BRI ke Bank Sulutgo. Sebelumnya hanya guru dan tenaga kependidikan SMA/SMK/SLB yang sudah menggunakan rekening Bank Sulutgo.

 

Pewarta : Ecin - Humas

Baca 99 kali