>
Selasa, 24 September 2019 15:09

Kekerasan Meningkat Dinas Sosial Gelar Bimtek Satgas PPA

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO –  Meskipun ada jaminan perlindungan perempuan dan anak dari kekerasan ternyata kasus perempuan dan anak tidak menurun dan cenderung bertambah. Jumlah kasus yang dilaporkan ternyata lebih sedikit dibandingkan  dengan jumlah kasus sebenarnya.

Hal ini disampaikan oleh Nurhayati Olii yang mewakili Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Gorontalo dalam bimbingan teknis penguatan Satuan Tugas Perlindungan Perempuan dan Anak provinsi dan kabupaten/kota.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Maqna Kota Gorontalo ini berlangsung selama 3 hari, Senin-Rabu (23-25/9/2019) yang diikuti 60 orang  dari Satgas PPA se-Provinsi Gorontalo, dinas PPA provinsi dan kabupaten/kota.

“Tujuan kegiatan ini untuk membangun pemahaman  dan komitmen Satuan Tugas (Satgas PPA) dalam menangani masalah perempuan dan anak yang dilaporkan ke UPT-PPA /P2TP2A serta meningkatkan pengetahuan peserta tentang layanan perempuan dan anak yang mengalami permasalahan,” kata Nurhayati Olii, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan, Selasa (24/9/2019).

Nurhayati Olii juga menjelaskan perempuan dan anak korban kekerasan sering merasa ragu dan takut melaporkan kekerasan yang dialaminya. Juga ada kendala sulitnya akses dalam mencapai layanan pengaduan dan kurangnya informasi yang dimiliki.

Ia berharap pembentukan Satgas Pemberdayaan Perempuan  dan Perlindungan  Anak  dapat terwujud sehingga dapat merespon permasalahan perempuan dan anak di masyarakat.

“Hak asasi manusia merupakan hak dasar yang secara kodrati melekat pada diri manusia yang bersifat universal, oleh karena itu harus dipenuhi, dilindungi, ditegakkan dan tidak boleh di abaikan, dikurangi atau dirampas oleh siapapun, dengan demikian setiap orang mengemban kewajiban mengakui dan menghormati hak asasi orang lain,” ujar Nurhayati Olii.

Permasalahan perempuan dan perlindungan anak belakangan ini menjadi topik hangat, yang selalu di bahas dalam  banayk forum setiap tahun. Data kekerasan terjadap mereka memiki kecenederunagn meningkat.

 

Pewarta : Yoan Thalib - Dinsos PP dan PA.

Baca 310 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama