>
Rabu, 22 Januari 2020 06:26

Kinerja Dinas Pangan Melampaui Target RPJMD Provinsi Gorontalo

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO - Dinas Pangan Provinsi Gorontalo melaksanakan evaluasi ketahanan pangan 2019 dan sinkronisasi/koordinasi program kegiatan tahun 2020 bertempat di Hotel Qrand Q, Selasa (21/1/2020).

Dalam laporannya, Kepala Seksi Perencanaan dan Keuangan, Stanty Paputungan menyampaikan kegiatan ini bertujuan menyamakan persepsi aparat Dinas Pangan tentang Konsep kegiatan prioritas ketahanan pangan tahun 2020, di tingkat provinsi maupun di kabupaten/kota, mengetahui permasalahan dan kendala yang ditemukan di lapangan serta solusinya.

Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo, Sutrisno mengatakan dengan mengadakan sinkronisasi program tahun 2020 ia berharap dalam pengentasan desa rawan pangan itu dilakukan secara terpadu.

“Keterpaduan lintas sektor dari kabupaten/kota untuk saling berbagi lokasi agar target dapat dituntaskan melalui program yang dilaksanakan pada tahun 2020, tidak tumpang tindih, bersinergi antarkabupaten/kota,” kata Sutrisno.

Sutrisno menegaskan untuk memperkuat kebersamaan dalam pengentasan kerawanan pangan, ketersediaan, keterjangkaun dan stabilitas pangan akan terkendali, cukup dan aman bagi masyarakat.

Di hadapan peserta, Sutrisno bersyukur karena evaluasi kinerja Dinas Pangan tahun lalu capaian indikator kinerjanya, terutama Pola Pangan Harapan (PPH) Konsumsi sangat baik dan PPH ketersediaan walaupun ada beberapa komoditas yang perlu didorong untuk peningkatan produksinya.

Paparan Badan Perencanaan Penelitain Pembangunan Daerah (Bapppeda) Provinsi Gorontalo yang diwakili Kepala Bidang Ekonomi, Aryanto Husain menjelaskan secara makro evaluasi kinerja Dinas Pangan di beberapa kegiatan sudah melampaui target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019.

“PPH Ketersediaan itu sudah melewati target apa yang dilakukan sekarang ini, istilahnya yang berkembang di lapangan ada hal-hal yang perlu diintervensi sehingga Dinas Pangan terus melakukan penguatan kegiatan tertentu,” ujar Aryanto Husain.

Aryanto Husain juga menjelaskan Dinas Pangan ini memiliki  2 fungsi, memfasilitasi kegiatan yang dianggap penting untuk dilaksanakan dinas lain misalnya bantuan, pasar murah dan lainnya. Dinas Pangan memiliki kegiatan bersifat subtansi misalnya mendorong terbentuknya Kelompok Rumah Pangan Lestari (KRPL).

“Dinas Pangan perlu menyinergikan, memfungsikan fasilitasnya untuk mengatur bagaimana supaya kegiatan di luar Dinas Pangan bisa mendukung fungsi dinas yakni menyediakan pangan kepada masyarakat,” papar Aryanto Husain.

Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Dinas Pangan Niveata Paratama, Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Helli Mangundap, Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Dharmawty Bokings, Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Moch Ridwan Najadmuddin, Kepala UPTD Balai Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan Ibnu Suprayogi, Kepala Kepala Dinas Dan sejumlah kepala bidang pangan kabupatan/kota dan para kepala seksi Dinas Pangan Provinsi Gorontalo.

 

Pewarta : Hariman – Dinas Pangan

Baca 120 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama