>
Rabu, 05 Agustus 2020 16:09

Menteri Bappenas Dan Gubernur Sepakat Dorong Geopark Gorontalo menjadi Geopark Nasional

Oleh
Beri rating
(1 Vote)

 

GORONTALO - Keseriusan Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam menangani dan mempersiapkan segala aspek untuk mendukung pariwisata berkelanjutan dan Geopark Gorontalo semakin terlihat .

Hal ini terlihat dari website seminar (webinar) nasional yang di gelar oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo, Rabu(5/8/2020) di aula rumah jabatan gubernur.

Gorontalo memiliki banyak potensi pariwisata yang unik. Seperti halnya tempat bertelurnya burung Maleo di Hungayono, Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, Kabupaten Bone Bolango. Namun Pemprov Gorontalo belum mampu mengembangkan pariwisata berskala besar karena keterbatasan anggaran kata Gubernur Rusli Habibie dalam sambutannya

Lebih lanjut Rusli menambahkan, pembangunan sektor pariwisata lebih mendunia merupakan salah satu dari delapan program unggulan Pemprov Gorontalo. Guna mewujudkan hal itu, Pemprov Gorontalo telah membangun infrastruktur yang mendukung aksesibilitas ke destinasi wisata.

Disamping itu Kepala Dinas Pariwisata Gorontalo Rifli Katili turut hadir mengikuti Webinar Nasional Pariwisata Berkelanjutan dan Geopark Gorontalo di Aula Rujab Gubernur Gorontalo bersama Kepala Bappeda, hal ini merupakan tindaklanjut dari webinar nasional sebelumnya yang di selenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo tentang Aspiring Geopark Gorontalo.

"Di masa pendemi seperti ini pariwisata gorontalo justru semakin menggeliat untuk berkembang, dengan adanya kesepakatan antara menteri Bappenas dan Gubernur Gorontalo untuk mendorong pariwisata berkelanjutan melalui Geopark Gorontalo untuk menjadi Geopark Gorontalo pada tahun 2021 mendatang. Hal ini tentunya menjadi pintu masuk pengembangan dan pembangunan pariwisata gorontalo secara keseluruhan" ujar Rifli Kadis Pariwisata Prov. Gorontalo.

Adapun Narasumber yang bergabung yakni Gubernur Gorontalo (Opening Speech), Menteri PPN/Bapppenas RI (Keynote Speckers) dan sebagai Speakers antara lain Rektor UNG, Kepala Pusat Studi ESDM dan Geopark LPPM UNG/Tenaga Ahli Kajian Geodiversity, Dosen Biologi UNG/Peneliti Bidang Lingkungan – Tenaga Ahli Kajian Biodiversity dan Dosen Fakultas Sastra dan Budaya UNG. Selain itu Panelis terdiri 1. Peneliti Utama Badan Geologi, 2. Direktur Wisata Alam, Budaya, dan Buatan Kemenparekraf, 3.Kepala Sub Direktorat Geologi, Pertambangan Umum dan Panas Bumi Kementerian PPN/Bappenas.

Peserta yang tergabung dari Unsur Kementerian, Unsur Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Badan Geologi, Akademisi/Peneliti Geopark, Unsur Pemerintah Daerah Provinsi/Kab/Kota.

 

Pewarta : Aldi - Dispar

Baca 58 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama