>
Minggu, 19 Januari 2020 06:14

Menuju Revolusi Pendidikan Nadiem Makariem SMKN 1 Gorontalo Luncurkan ECP For Teacher

Oleh
Beri rating
(1 Vote)

GORONTALO - Era revolusi industri 4.0 yang berlangsung saat ini para pelaku pendidikan dituntut penguasaan bahasa asing. Guru sebagai pencetak generasi milenial harus bersaing ketat, untuk itu guru yang menjadi garda terdepan harus memiliki kompetensi kemampuan bahasa asing yang baik.

Hal ini seperti yang diharapkan oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makariem yang menegaskan Bahasa Inggris harus dikuasai oleh siswa Sekolah Dasar, sehingga Indonesia bisa bersaing di masa depan.

Untuk meningkatkan kompetensi inilah SMK Negeri 1 Gorontalo menggelar English Club Programme yang dilaksanakan di aula sekolah yang diikuti oleh seluruh guru sekolah ini.

“English Club Programme ini bertujuan mengantisipasi program terbaru revolusi pendidikan di mana Bahasa Inggris menjadi prasyarat utama dari kompetensi guru,” kata Yosef Koton, Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga saat membuka kegiatan, Jumat (24/1/2019).

Yosef Koton menambahkan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini yang akan menjadikan para guru memiliki kemampuan dan keterampilan berbahasa Inggris.

“Kegiatan ini merupakan inovasi penting dalam mengoptimalkan performa guru di masa kini," ujar Yosef Koton.

Untuk itu para guru harus melakukan terobosan inovasi baru dalam proses belajar-mengajar sehingga dapat mentransfer pengetahuan, ketrampilan dan karakter kepada para siswa.

Yosef Koton  meminta program ini harus dilakukan secara berkelanjutan sehingga menjadi program unggulan SMK Negeri 1 Gorontalo yang akan dijual di tingkat nasional sehingga menjadi destinasi wisata tempat studi banding dari sekolah  di luar Provinsi Gorontalo.

"Kalau perlu akhir kegiatan ini di buat sebuah ujian dan akan diberikan sertifikat kelulusan yang diterbitkan oleh Dinas Dikbudpora,” kata Yosef Koton.

Strategi pelaksanaan kegiatan adalah pembelajaran orang dewasa (andragogi) yang ditekankan pada keterampilan berbicara dan waktu pertemuan seminggu sekali pada setiap Jumat pukul 13.00-15.00 Wita dengan periode 25 kali pertemuan atau 5 bulan dalam satu paket program.

 

Pewarta : PPID Dikbudpora

Baca 347 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama