>
Selasa, 14 Mei 2013 15:51

Nelayan Gorontalo Akan Belajar Budi Daya Kerapu

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Ikan Kerapu. pic: antaranews Ikan Kerapu. pic: antaranews

Gorontalo, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan akan mengirim sejumlah nelayan ke Kabupaten Buleleng, Bali, untuk belajar budi daya ikan kerapu yang nilai jual produknya lebih menguntungkan ketimbang jenis lain.

"Kami akan memfasilitasi nelayan untuk studi banding, setelah itu dibentuk kelompok guna memudahkan pemerintah dalam melakukan monitoring dan evaluasi," katanya, Senin.

Ia menjelaskan, Kabupaten Buleleng merupakan salah satu daerah yang berhasil mengembangkan kerapu dengan menerapkan sistem plasma. "Rata-rata gaji warga yang mengelola peternakan ikan mencapai satu hingga 1,5 juta rupiah per bulan," ujarnya.

Gubernur sendiri mengunjungi tempat budi daya ikan kerapu di Bali beberapa waktu lalu dan akan bekerja sama dengan Pemkab Buleleng, agar nelayan Gorontalo bisa mengadopsi ilmu beternak kerapu.

Menurutnya budi daya kerapu di Gorontalo akan berhasil, karena ada kesamaan kondisi wilayah antara daerah itu dengan Bali. "Permintaan akan kerapu seperti jenis kerapu tikus dan kerapu macan di pasar dunia sangat tinggi, sementara pasokan minim. Ini kesempatan besar bagi nelayan Gorontalo untuk berbisnis," katanya. Ia berharap program tersebut akan disambut baik masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup nelayan di Provinsi Gorontalo.

 

ANTARA NEWS GORONTALO

Baca 2736 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama