>
Rabu, 16 Oktober 2019 19:38

Nelayan Harus Mampu Tangani Kualitas Ikan Di Atas Kapal

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO - Nelayan yang melakukan aktivitas penangkapan ikan harus memiliki 2 standar kelayakan, yaitu layak tangkap dan layak simpan.

Kecakapan menentukan standar ini akan menghasilkan kualitas ikan yang segar dan baik. Ikan yang segar dan memiliki nilai mutu yang baik harga jualnya tinggi, dengan harga tinggi akan meningkatkan pendapatan dan itu yang menjadi keberhasilan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pengetahuan dan kemampuan nelayan menangani ikan di atas kapal itu perlu untuk menjaga mutu dari ikan yang di tangkap,” kata Sila Botutihe, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo saat membuka bimbingan teknis Sertifikasi Awak Kapal Perikanan di Daerah di hotel Grand Zanur, Kota Gorontalo, Rabu (16/10/2019).

Bimtek ini merupakan kerjasama antara Dinas Kelautan dan Perikanan dengan Direktorat Kapal dan Alat Penangkapan Ikan (KAPI) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Dalam Undang-Undang nomor 18 tahun 2012 tentang pangan dan Undang-Undang nomor 31 tahun 2004 tentang perikanan, yang telah diubah dengan Undang-Undang nomor 45 tahun 2009, serta Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2004 tentang keamanan mutu dan gizi pangan, telah ditetapkan produk pangan termasuk hasil perikanan yang dipasarkan untuk konsumsi manusia harus mengikuti persyaratan yang ditetapkan sehingga dapat menjamin kesehatan.

“Nelayan adalah pahlawan pangan di sektor kelautan dan perikanan dalam menjaga mutu ikan hasil tangkapan yang dimulai sejak penanganan ikan di atas kapal,’ ujar Sila Botutihe.

Untuk itu kompetensi awak kapal penangkap ikan merupakan salah satu faktor utama penunjang keberhasilan operasi penangkapan ikan, penguasaan kompetensi awak kapal dibuktikan dengan sertifikat kompetensi yang didapatkan melalui pendidikan dan latihan sertauji sertifikasi awak kapal penangkapikan.

 

Pewarta : Yanto - DKP

Baca 268 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama