>
Senin, 17 Februari 2020 00:21

Panen Perdana Sayuran di SMAN 2 Gorontalo Dihadiri Idah Syahidah

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO - Program Pertanian Masuk Sekolah (PMS) Kementerian Pertanian yang dilaksanakan sejak akhir tahun 2019 menunjukan perkembangan yang signifikan, salah satunya di SMA Negeri 2 Gorontalo.

Program pertanian yang dikembangkan Dinas Pangan Provinsi Gorontalo ini telah memasuki masa panen perdana untuk kebun sayur.

Panen sayuran ini dihadiri Idah Syahidah, anggota DPR Komisi 8 Daerah Pemilihan Gorontalo yang didampingi Kepala Dinas Pangan Sutrisno, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Gorontalo Yusran Panigoro dan sejumlah pejabat, Sabtu (15/2/2020).

Pada panen perdana ini Idah syahidah mengingatkan pentingnya mempertahankan ketahanan pangan keluarga melalui Program Pertanian Sekolah dan program masyarakat Pemanfataan Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Program Pertanian Sekolah merupakan salah satu peluang bagi siswa, tidak hanya ilmu pelajaran di dapat tetapi ada praktikum berkebun yang mengasyikkan. Program ini tidak menyia-nyiakan lahan SMAN 2 Gorontalo, semua ditanami dengan sayuran  sehingga tidak ada lagi lahan tidur.

“Pramuka, tenaga honorer, bapak dan ibu guru ayo berlomba mencari sesuatu yang beda dari teman-teman lainya. Pak Gubernur meinginkan rakyatnya sejahtera,” kata Idah Syahidah

Ia juga menuturkan agar siswa dapat menjadi enterpreneur, menjadi mitra usaha yang handal yang mampu memperkerjakan orang melalui pertanian dan peternakan ayam.

“Saya tantang kepala sekolah jika bisa menjadi salah satu sekolah percontohan untuk beternak ayam, kotoran ayam bisa dijadikan pupuk tanaman, saya siapakan kandang dan bibit ayamnya,” tantang Idah Syahidah.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo, Sutrisno mengapresiasi kedatangan anggota DPR Idah Syahidah yang bersamaan dengan panen perdana program pertanian masuk sekolah atau tanimas ini.

“Pemerintah pusat dan Provinsi Gorontalo memperkenalkan dunia pertanian kepada para siswa, semoga mereka menjadi agripreneur, ke depan pertanian sangat menjanjikan,” kata Sutrisno.

Sutrisno menjelaskan sektor pertanian sekarang mengalami kemajuan yang pesat, penggunaan alat-alat pertanian yang canggih, proses produksi yang baik, hingga penanganan pasca-panen yang modern.

Kepala SMAN 2 Gorontalo Yusran Panigoro merasa kaget dengan kehadiran Idah Syahidah dan sejumlah pejabat pada panen sayuran perdana ini. kehadiran ini membawa semangat, berkah dan motivasi kepada para siswa, terutama anggota pramuka.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Pangan yang telah memilih SMAN 2 Gorontalo untuk mengelola program pertanian masuk sekolah,” ucap Yusran Panigoro.

 

Pewarta : Hariman - Dinas Pangan

Baca 52 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama