>
Jumat, 20 Desember 2019 21:05

Pembinaan Terhadap Pengusaha Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) Oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo

Oleh
Beri rating
(0 suara)
GORONTALO - Dalam rangka memaksimalkan pelayanan bongkar muat di Pelabuhan dan kelancaran arus lalulintas kontainer, Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo melaksanakan rapat Pembinaan Pengusaha Jasa Usaha Transportasi (JPT) dan Arus Lalu Lintas container pada hari Jum’at, 20 Desember 2019 bertempat di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo. Rapat yang dipimpin oleh Kadishub Provinsi Gorontalo, M. Jamal Nganro dan dihadiri oleh Kepala KSOP Kelas III Gorontalo, Unsur PT. Pelindo IV cabang Gorontalo serta para pengusaha Jasa Usaha Transportasi (JPT).
Adapun JPT yang beroperasi di Gorontalo dan sudah memiliki ijin operasional berjumlah 24 JPT.  Selanjutnya berdasarkan amanat PP Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik maka pengusaha JPT yang telah memiliki ijin operasional tersebut juga diwajibkan untuk mendaftarkan usahanya melalui OSS. Dari total 24 JPT, 17 diantaranya sudah mendaftarmelalui OSS dan sisanya dalam proses. 
“Bagi pengusaha JPT yang dalam tahap proses OSS diberi kesempatan untuk segera dapat menyelesaikannya, dan apabila tidak indahkan maka akan diberikan surat peringatan. jika peringatan tersebut juga tidak maka ijin usaha yang telah diterbitkan sebelumnya akan dibekukan/dicabut”. ungkap Kepala Dinas Perhubungan H. Muh. Jamal Nganro.
Selain itu, juga masih ditemukan kendaraan container milik JPT yang melanggar lintasan dan jam operasional yang telah ditentukan dalam Peraturan Gubernur tentang Penyelenggaraan Angkutan Barang Khusus dan hal tersebut dapat menyebabkan rawan terjadinya kecelakaan dan kemacetan arus lalu lintas. “Pergub No. 73 Tahun 2017 telah kami sosialisasikan berulang-ulang olehnya Bagi JPT yang masih melanggar maka akan kami berikan sanksi tegas sesuai ketentuan yang berlaku yaitu diberikan surat teguran sampai dengan pembekuan dan pencabutan ijin”, tegas H. Muh. Jamal Nganro.
Untuk memudahkan pengawasan dan koordinasi, para pengusaha JPT dihimbau untuk bergabung di dalam suatu wadah asosiasi yaitu Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI/ILFA) Cabang Gorontalo karena oleh Pihak KSOP Kelas III Gorontalo bersan dengan PT. Pelindo IV Cabang Gorontalo akan memberlakukan suatu system yang nantinya hanya membolehkan JPT yang memiliki ijin dan sudah tergabung dalam Asosiasi ALFI/ILFA, yang dapat beroperasi di Pelabuhan Gorontalo. 
 
Pewarta : Monika Oktaviarini - Dishub
Baca 229 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama