>
Rabu, 12 Februari 2020 12:22

Pemerintah Akan Tertibkan Pelanggar Aturan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo menggelar rapat koordinasi persiapan operasi dan penindakan hukum angkutan umum orang dan barang di ruang Poboide,  Selasa (11/2/2020).

Pertemuan yang dihadiri Kepala Bidang Angkutan Jalan, Abd Karim Rauf, Dinas Perhubungan kabupaten/kota, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXI, penguji dan PPNS kabupaten/kota serta Direktorat Polda Gorontalo.

“Penertiban dan penindakan secara terpadu akan dilaksanakan selama 5 hari di kabupaten/kota. Untuk angkutan barang pemeriksaan dilakukan oleh penguji kendaraan bermotor dan akan dilakukan sosialisasi mengenai penerapan surat tilang lalu lintas dan angkutan jalan,” kata Abd Karim Rauf.

Kerja kolaboratif berbagai pihak ini merupakan bentuk sinergitas antara Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo dengan Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota, BPTD XXI dan Ditlantas Polda Gorontalo. Sinergi kali ini akan dietrapkan  pada penertiban dan penindakan angkutan umum  orang dan barang di Provinsi  Gorontalo dan adanya Kendaraan angkutan barang yang overload atau overdimensi .

Pemerintah serius akan menindak truk yang memiliki berat dan ukuran lebih atau Over Dimension Over Load (ODOL). Truck seperti ini sangat merugikan masyarakat dan Pemerintah Daerah, sebab truk bermuatan dan ukuran lebih membuat jalan cepat dan rusak.

“Dalam rapat telah kita sepakati untuk menyatukan persepsi dan menyusun jadwal kegiatan penertiban truk yang masuk kategori ODOL,” kata Abd Karim Rauf.

Pemerintah berupaya seluruh kendaraan yang beroperasi mematuhi aturan berlalu lintas. Upaya penegakan hukum akan dilakukan bagi setiap pelanggar kendaraan over dimensi dan Overload (ODOL).

“Penegakan ini bertujuan memberikan efek jera kepada sopir angkutan. baik angkutan barang atau angkutan penumpang yang beroperasi agar betul-betul mematuhi segala peraturan yang ada, apalagi sekarang banyak angkutan penumpang yang memakai plat hitam, dan kendaraan ODOL atau kendaraan dengan dimensi dan muatan yang tidak sesuai dapat membahayakan pengendara lain di jalan raya,” ucap Abd Karim Rauf.

 

Pewarta : Idfy B - Dishub

Baca 117 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama