>
Rabu, 25 Maret 2020 18:02

Pemerintah Gandeng Korem Bangun 650 Unit Rumah Idaman

Oleh
Beri rating
(1 Vote)

GORONTALO-  Sebanyak 650 unit Rumah Hunian Idaman Rakyat (RHIR) akan dibangun oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo pada tahun ini.

Pembangunan rumah di kerjasamakan antara Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Dengan Komando Resor Militer 133/NWB, keduanya melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani oleh Kadis PRKP, Aries Ardianto  dan Komandan Resort Militer 133/Nani Wartabone, Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw  pada Rabu (25/3/2020).

Dalam perjanjian ini berisi kerjasama pembangunan 650 unit RHIR yang  masing tahap sebanyak 325 unit.

“Mohon doa dan kerjasamanya agar program ini  bisa berjalan lancar,” kata Aries Ardianto, Kepala Dinas PRKP Provinsi Gorontalo.

Aries Ardianto  menjelaskan penyediaan rumah dengan pola kerjasama ini diharapkan dapat menuntaskan penanggulangan kemiskinan dari sisi kepemilikan rumah.

Sementara Itu Komandan Korem 133/Nani Wartabone, Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw  menerangkan pihaknya akan segera melaksanakan tugas setelah anggaran dari dinas disalurkan.

“Insyaallah akan kami laksanakan sesuai dengan target, hanya saja kami berharap karena bulan ini terpotong dengan Bulan Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri mungkin penyelesaiannya di bulan Juni,” kata Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw.

Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw yakin TNI siap dengan semua sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan 650 unit RHIR ini.

Perjanjian kerjasama ini merupakan tindaklanjut dari Nota Kesepahaman antara Gubernur Gorontalo dengan Panglima Kodam XIII Merdeka pada Rabu, 31 Juli 2018 silam.

Ia juga berharap Program RHIR ini bisa mendukung program pembangunan sejuta rumah Indonesaia per tahun yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Dalam penandatanganan ini, hadir Komandan Kodim 1304 Gorontalo Letkol Allan Surya Lesmana,  Kasiter Korem Letkol Infantri Lucky Sonny Maramis, Pasi Komsos Korem Mayor CZI H Ibrahim, Kepala Bidang Perumahan Mohamad Iqbal Hasan, Kepala Seksi Penyediaan Perumahan Yunardi Rahim, Kepala Seksi Randal Perumahan Djawahirah, Kepala Seksi Pembiayaan Perumahan Meyliani, serta Koordinator Lapangan Bidang Perumahan.

“Tujuan penandatanganan kerjasama RHIR antara Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Komando Resor Militer 133/NWB ini agar pembangunan rumah hunian bagi masyarakat kurang mampu di kabupaten/kota tepat sasaran, tepat waktu dan tepat pemanfaatan,” ujar Aries Ardianto.

Dalam  Peraturan Gubernur Gorontalo nomor 26 tahun 2017 tentang pelaksanaan pembangunan rumah hunian bagi masyarakat miskin mengamanatkan pemenuhan rumah hunian merupakan kebutuhan dasar dan hak dasar warga negara yang diamanatkan undang-undang.

Selain itu negara  bertanggung  jawab melindungi segenap Bangsa Indonesia melalui penyelenggaraan perumahan dan  kawasan  permukiman  agar  masyarakat  dapat  bertempat  tinggal serta menghuni rumah yang layak dan terjangkau di dalam perumahan yang sehat, aman, harmonis, dan berkelanjutan.

 

Pewarta : Jen Taib - PRKP

Baca 144 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama