>
Senin, 20 Jun 2016 14:24

Pemerintah Provinsi Segel Lapak Daging Sapi Positif Antraks

Oleh
Beri rating
(0 suara)
ilustrasi virus antraks ilustrasi virus antraks Image: Pixabay

Gorontalo, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo melakukan penyegelan dan pemasangan garis polisi pada lapak yang menjual daging sapi positif antraks di pasar Sentral, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Minggu.

Penyegelan tersebut dilakukan usai ditemukannya daging sapi yang positif antraks pada inspeksi mendadak yang dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Provinsi Gorontalo bersama tim Kesehatan Hewan (Keswan) Provinsi Gorontalo dan Dinas Peternakan Kota Gorontalo.pada beberapa waktu lalu.

Plh Kepala Disbunak Provinsi Gorontalo, Agustina Kilapong mengatakan, pada saat sidak sebelumnya, pihaknya tidak berani melakukan penyitaan daging yang positif antraks karena kurangnya personil dilapangan.

"Apalagi pemilik daging sapi saat itu menolak keras saat petugas meminta daging sapi miliknya untuk dilakukan penyitaan," ungkap Agustina.

Pada penyegelan kali ini, pihak Disnakbun dibantu oleh sejumlah aparat Kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

"Saat dilakukan penyegelan tadi, kami hanya menemukan daging sapi baru yang diperjualbelikan dan meminta kepada pedagang agar menyerahkan daging sapi yang positif antraks untuk dimusnahkan," lanjutnya.

Agustina menambahkan, sasaran dari kegiatan tersebut, salah satunya adalah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya mengkonsumsi daging yang tidak aman, sehat, utuh dan halal (asuh) atau mengandung bakteri," jelas Agustina.

Usai melakukan penyegelan, tim menggelar inspeksi mendadak disejumlah pasar tradisional dan rumah potong hewan di Kabupaten Gorontalo untuk memastikan bahwa daging sapi yang dijual aman dan tidak terkena bakteri antraks.

Sebelumnya pada Jumat (17/6), Disnakbun melakukan sidak dan menguji sampel daging sapi, mereka menemukan daging sapi yang diketahui positif antraks yang diperoleh dari pengambilan sampel di pasar Sentral Kota Gorontalo dan menurut pedagang, sapi diperoleh dari Desa Luhu, Telaga, Kabupaten Gorontalo. (Adiwinata Solihin - Antara News Gorontalo)

Baca 629 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo