>
Jumat, 09 Agustus 2019 00:14

Pemetaan Dan Advokasi Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Lanjut Usia.

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Provinsi  Gorontalo menggelar pemetaan dan advokasi Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Lanjut Usia.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi mengenai berapa banyak LKS-LU yang sudah terbentuk untuk selanjutnya dilakukan pemetaan dan membantu yang berinisiatif membentuk LKS-LU, juga untuk mengklasifikasikan LKS ke dalam kategori embrio, tumbuh, berkembang dan mandiri.

Pemetaaan ini dilakukan di LKS Fitrah Mandiri Kota Gorontalo dan LKS Beringin Kabupaten Gorontalo pada Sabtu-Selasa (3-6/8/ 2019).

Pemetaan di Provinsi Gorontalo dilakukan di 2 LKS, LKS-LU Beringin di Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo  dan Yayasan Putra Mandiri yang ada di kota Gorontalo serta satu lokasi yang diadvokasi  untuk pembentukan LKS-LU.

“Pemetaan  ini melibatkan 2 pendamping dari Dinas Sosial PP dan PA Provinsi Gorontalo,” kata Andi Sugiati, Kepala Subseksi Asesmen dan advokasi Sosial dari Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) Minaula Kendari, Kamis (8/8/2019).

Peserta pemetaan masyarakat khususnya inisiator Pendiri LKS-LU sangat antusias, karena kebutuhan lembaga yang mewadahi kegiatan kelanjutusiaan sangat tinggi, seperti pusat keterampilan Posyandu lansia dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) lansia, tetapi belum ada Lembaga yang mewadahinya.

Team LRSLU Minaula Kendari  yang diketuai oleh Andi Sugiati menyampaikan bahwa hasil pemetaan ada 3 permasalahan yang berbeda.

Yang pertama dikunjungi merupakan masyarakat yang berinisiatif ingin membentuk LKS. Secara Kebetulan  yang bersangkutan telah aktif mengelola PKBM, Posyandu Lansia, Pusat keterampilan lansia (membuat Sulaman karawo) dan Tempat Penitipan Anak (TPA) yang dinaungi Yayasan Muslimat NU, sehingga yang bersangkutan hanya Tinggal mengajukan permohonan pembuatan Surat Keputusan LKS-LU kepada Yayasan.

Sedangkan  lokasi kedua yaitu Yayasan Putra Mandiri merupakan yayasan yang bergerak di bidang pendampingan lansia, pendampingan disabiltas dan kursus keterampilan yang telah melakukan banyak kegiatan kelanjutusiaan.

Lokasi terakhir LKS- LU Beringin yang ada di kabupaten Gorontalo yang berdiri sejak tahun 1976 perizinan dan administrasi LKS ini sangat lengkap. Kegiatan yang dilaksanakan sudah terprogram  dengan baik, bahkan lansia ini  telah memiliki panti untuk menampung lansia terlantar.

Yusnandar Karim yang mewakili Kepala Bidang Rahabilitasi Sosial dan perlindungan Anak mengatakan masyarakat perlu didorong untuk membentuk wadah layanan bagi lanjut Usia.

“Layanan tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) lanjut Usia.

Dari data yang ada, saat ini wadah masyarakat yang menyelenggarakan layanan LKS-LU ada 4 yakni LKS Beringin Limboto Kabupaten Gorontalo, LKS Yayasan Putra Mandiri Kota Gorontalo, LKS Prima Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara, dan LKS Madani Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato,” tutur Yusnandar Karim.

Keberadaan wadah masyarakat ini, dirasa masih kurang memenuhi harapan masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan sosial lanjut usia. Untuk itu perlu ada dorogan bagaimana elemen masyarakat bersama-sama memikirkan kontribusi kegiatan para lanjut usia,

 

Pewarta : Yoan Thalib – Dinas PP dan PA

Baca 461 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama