>
Jumat, 12 April 2013 14:24

Pemprov Benahi Kembali Lokasi KAT Kolowaka

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Gubernur Gorontalo Gubernur Gorontalo

Gorontalo, Pemerintah Provinsi Gorontalo akan membenahi kembali pemukiman warga Komunitas Adat Tertinggal (KAT) di Desa Kolowaka, Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo Utara.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Kamis, mengatakan, 102 unit rumah yang dibangun di lokasi pemukiman warga KAT melalui bantuan Kementerian Sosial RI tahun 2010, kondisinya kini memprihatinkan.

Selain banjir yang sering terjadi, kawasan tersebut juga rentan longsor akibat aliran sungai, katanya. "Waktu saya bupati di Gorontalo Utara, saya sempat menolak KAT ditempatkan di situ, karena dekat sungai. Tapi tetap dipaksakan di Kolowaka, sehingga kondisinya sekarang kurang layak lagi," jelasnya saat mengunjungi KAT.

Sebanyak dua unit rumah sudah hanyut tersapu banjir dan longsor, sedangkan tujuh rumah lainnya kondisinya rusak. Gubernur menjanjikan pembangunan bronjong di bibir sungai untuk membendung banjir. Selain itu pemukiman juga hanya dilengkapi oleh empat MCK, yang letaknya berada di ujung pemukiman.

"Dekat sungai tapi susah air bersih. Kami akan bangun MCK di tiap blok agar warga tidak sulit untuk mandi dan buang air," katanya dan menambahkan akses jalan juga akan diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum, karena sulit diakses oleh masyarakat di luar pemukiman.

Gubernur berharap Pemkab Gorut bisa bekerja sama dengan Pemrov Gorontalo, agar program pembenahan KAT bisa terealisasi dalam waktu dekat.

 

ANTARA GORONTALO

Baca 3005 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama