>
Jumat, 10 Juli 2020 21:16

Pengelolaan Arsip Yang Baik Mewujudkan Pemerintahan Yang Bersih Dan Melayani

Oleh
Beri rating
(0 suara)

 

GORONTALO - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo selaku lembaga kearsipan daerah memiliki tugas dan tanggung jawab, salah satunya adalah pengelolaan arsip baik di internal maupun eksternal untuk mendukung program penyelenggaraan kearsipan.

Fungsi dan tugas ini untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan melayani berdasarkan visi misi Gubernur dan wakil Gubernur.

“Pengelolaan arsip harus melalui berbagai tahapan sesuai dengan kaidah kearsipan yang berlaku selain SDM dan sarana prasarana pun harus terpenuhi,” kata Sul A Moito, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo, Rabu(8/7/2020).

Sul A Moito menyatakan ini untuk memotivasi dan menyemangati para Aparat Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) Bidang Kearsipan yang melaksanakan pengelolaan arsip bertempat di ruang diorama.

Di antara aktifitas pengelola arsip yang rutin dan wajib dilakukan adalah proses penataan arsip yang dimulai dari identifikasi, pemberkasan, penginputan daftar arsip hingga penyimpanan.

“Pada 2020 meskipun sempat tertunda karena adanya pandemi Covid-19 aktifitas ini kembali dilakukan dalam rangka menjaga konsistensi guna penyelamatan dan pemeliharaan arsip sebagai urusan wajib yang butuh perhatian dari seluruh stekholder di Provinsi Gorontalo,” ujar Sul A Moito.

Kepala Bidang Kearsipan, Mustari U Sumaga selaku penanggung jawab kegiatan ini berharap melalui tim ini kebutuhan akan arsip dapat terpenuhi dan dimanfaatkan baik oleh masyarakat maupun pemerintah. Kegiatan ini tetap mengacu pada protokol kesehatan menuju new normal.

“Penataan arsip ini merupakan kegiatan rutin lembaga kearsipan yang perlu dipertahankan sebab aktifitas ini merupakan inti pengelolaan arsip yang menjadi salah satu program kegiatan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo.

 

Pewarta : Suleman - Dinas Arpus

Baca 133 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama