>
×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 47

Rabu, 11 Juli 2012 10:29

Pengerukan Danau Limboto Mulai Action

Oleh
Beri rating
(0 suara)

danau-limbotoGorontalo, Pemerintah Provinsi Gorontalo terus berupaya untuk menyelematkan Danau Limboto. Untuk itu, atas koordinasi aktif yang dilakukan, saat ini aktivitas pengerukan Danau Limboto mulai dilakukan. Proyek ini dilaksanakan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah II, dengan total anggaran kurang lebih Rp 90 miliar lewat APBN.

Pengerukan ini penting agar sedimen yang mengedap dapat terangkat sehingga tak terjadi pendangkalan. Disamping itu, nantinya juga akan didatangkan kapal untuk mengangkat enceng gondok yang saat ini hampir memenuhi permukaan Danau Limboto.

Gubernur Rusli Habibie, disela-sela peninjauan pengerukan Dana Limboto, Selasa (10/7), mengatakan, kalau tak dilakukan pengerukan dan pengangkatan enceng gondok, maka bisa dipastikan tahun ke depan Danau Limboto akan hilang.

"Jika Danau Limboto kering, maka akan terjadi banjir besar di Gorontalo, karena di Danau Limboto ada kurang lebih 36 sungai yang bermuara disitu. Bagaimana jika danau ini kering? Untuk itu, pengerukan dan pengangkatan enceng gondok ini penting, dan merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan Danau Limboto," ujar Gubernur Rusli Habibie.

Gubernur Rusli Habibie, optimis, dengan aktivitas pengerukan ini serta komitmen semua pihak selamatkan Danau Limboto, maka 5 tahun kedepan, Danau Limboto akan bisa kembali seperti dulu. "Paling tidak ini akan bisa mengembalikan kondisi danau Limboto. Masyarakat harus bersama-sama menjaga kelestarian danau kita ini," pinta Gubernur Rusli Habibie.

Baca 3136 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo