>
Jumat, 13 Maret 2020 15:44

Pengumpulan Data Dalam Satu Data Indonesia Adalah Perjuangan

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Proses mengumpulkan satu data Indonesia bukan perkara yang mudah, diperlukan koordinasi antarinstansi, indentifikasi dan analisis, koordinasi penyediaan data, penyelenggaraan komitmen setiap sektor untuk penyediaan data.

Selain itu masih dibutuhkan beragam kegiatan yang mendukung penguatan koordinasi Pembina data, walidata dan produsen data.

Proses ini merupakan perjuangan panjang yang saat ini dilakukan oleh berbagai instansi untuk mewujudkan Satu Data Indonesia sesuai Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019. Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antarinstansi pusat dan daerah melalui pemenuhan standar data, metadata, interoperabilitas data, dan menggunakan Kode referensi dan data induk.

Proses panjang ini disampaikan oleh Wahyudin Katili, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo pada forum data dan diseminasi publikasi data sektor Provinsi Gorontalo yang dilaksanakan di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo, Jumat (13/3/2020).

“Peran dari Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik sebagai pintu masuk perolehan data, karena di dinas kami ada Bidang Statistik, Bidang e-Gov dan Bidang IKP untuk dimaksimalkan, bukan hanya sekadar menyelenggarakan perolehan data tapi untuk memformulasikan dan mempulikasikan dangan baik,” kata Wahyudin Katili.

Dalam rapat ini, Wajyudin Katili juga meminta instansi vertical seperti Balai Jalan dan Balai Wilayah Sungai untuk memanfaatkan data ini dan berharap ada sinergi data dengan pemerintah Provinsi Gorontalo dan kabupaten/kota.

 

Pewarta : PPID Kominfo & Statistik

Baca 67 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama