>
Rabu, 11 September 2019 18:52

Perempuan Dan Laki-Laki Setara Peran Dalam Pembangunan

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO - Isu gender merupakan salah satu isu utama dalam pembangunan, khususnya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Sudah banyak yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan dan penguatan kelembagaan pengarustamaan gender.

Namun data menunjukan masih adanya kesenjangan antara perempuan dan laki-laki dalam akses, partisipasi, kontrol dan manfaat serta penguasaan terhadap sumber daya seperti bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, dan bidang strategis lainnya.

Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Gorontalo dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlidungan Anak   (PPPA) mengangkat isu  ini dalam diskusi tematik dengan tema membangun opini publik untuk penguatan isu dan kelembagaan PPPA di daerah di Hotel Maqna, Kota Gorontalo, Selasa (11/9/2019)

Kepala Dinas PPPA Provinsi Gorontalo, Risjon Kujiman Sunge dalam arahannya menyampaikan kesetaraan gender menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai secara global, yang dikenal dengan istilah Planet 50:50, perempuan dan laki-laki setara berperan dan terlibat dalam pembangunan.

Risjon Kujiman Sunge  menjelaskan jika melihat angka kekerasan berdasarkan survey pengalaman hidup perempuan nasional 2016 di Indonesia masih sangat memprihatinkan dan terungkapnya berbagai kasus kejahatan seksual di beberapa daerah.

“Perempuan dan anak menjadi objek sekaligus subyek upaya pencegahan kekerasan dan mewujudkan keadilan serta kesetaraan gender perlu keterlibatan dari semua pihak,” kata Risjon Kujiman Sunge.

Pemerintah pusat dan daerah harus melakukan analisis gender proses perencanaan dan penganggaran untuk memastikan ada keadilan dalam hal akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat pembangunan bagi laki-laki, perempuan, anak, lansia, penyandang disabilitas  dan kelompok rentan lainnya.

Diskusi yang diikuti 80 orang peserta ini dari OPD Provinsi, Dinas PPPA Kabupaten/Kota, Bappeda Kabupaten/Kota, LSM, tokoh agama, tokoh masyarakat dan forum anak. 

Sebagfai narasumber dari Kementerian PPPA, Ratna  Susianawati, Staf Ahli Menteri Bidang  Komunikasi Pembangunan, Rini Handayani Staf Ahli Menteri Bidang Antarlembaga, Budiyanto Sidiki Kepala Bapppeda Provinsi Gorontalo, Nurhayati Olii Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan, Titi Kristiany Margono Kepala Seksi Pengarustamaan Gender (PUG) dan Data Informasi serta kepala-kepala seksi bidang pemberdayaan perempuan dinas sosial lainnya.

“Ini kesempatan mendorong mengubah cara berpikir, sudah saatnya kita  bicara kesetaraan gender,  dimensinya tidak  hanya perempuan  tetapi mencakup kelompok-kelompok seperti lansia, dan penyandang disabilitas,” kata Ratna Susianawati.

 

Pewarta : YOAN THALIB – Dinas Sosial PP dan PA

Baca 129 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama