>
Selasa, 18 Februari 2020 09:42

Persiapan Matang Jelajah Wisata Sulawesi Siap Dilaksanakan

Oleh
Beri rating
(0 suara)
 Suasana rapat finalisasi pelaksanaan JWS yang dipimpin oleh Wagub Gorontalo H. Idris Rahim di Ruangan Huyula Gubernuran Gorontalo, Senin (17/2/2020). (Foto : Haris – Humas) Suasana rapat finalisasi pelaksanaan JWS yang dipimpin oleh Wagub Gorontalo H. Idris Rahim di Ruangan Huyula Gubernuran Gorontalo, Senin (17/2/2020). (Foto : Haris – Humas)

GORONTALO –Jelajah Wisata Sulawesi (JWS) yang akan digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo dipastikan siap untuk dilaksanakan. Hal itu terungkap pada rapat finalisasi yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim di ruang Huyula Gubernuran Gorontalo, Senin (17/2/2020).

Pada rapat finalisasi tersebut setiap penanggungjawab etape memaparkan persiapannya. JWS akan melewati empat provinsi yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Sulawesi Utara, yang dibagi dalam delapan etape. Etape pertama akan mengambil start di Kota Makassar pada hari Sabtu (22/2/2020). Sehari sebelum start, Jumat (21/2/2020), Pemprov Gorontalo akan meluncurkan Calender of Event Wonderful Gorontalo 2020.

Dari Kota Makassar, peserta JWS akan menuju Kota Pare-Pare dengan jarak tempuh 155,76 kilometer. Di kota kelahiran Presiden ketiga BJ. Habibie, rombongan akan mengunjungi Monumen Cinta Sejati Ainun-Habibie dan kediaman BJ Habibie, kemudian melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Toraja Utara.

Etape kedua JWS dari Kabupaten Toraja Utara menuju Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, dengan jarak tempuh 378,97 kilometer. Etape ketiga dari Tentena menuju Kabupaten Parigi, Sulawesi Tengah,  sejauh 191,45 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih empat jam. Etapa keempat dari Kabupaten Parigi ke Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, dengan jarak tempuh sejauh 433,3 kilometer.

“Etape keempat ini merupakan jarak tempuh terjauh dari delapan etape yang akan dilewati peserta JWS,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Rifli Katili.

Di Kabupaten Boalemo, peserta JWS akan menginap di Villa Bolihutuo dan keesokan harinya melakukan tour wisata ke Pulo Cinta. Setelah itu rombongan akan menuju Kota Gorontalo yang menjadi etape kelima JWS. Dalam perjalanan ke Kota Gorontalo, rombongan terlebih dahulu akan disambut oleh Komunitas Offroad Gorontalo di patung BJ. Habibie di Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo.

Rombongan dijadwalkan tiba di etape keenam Kota Gorontalo pada hari Rabu (26/2/2020) sekitar pukul 17.30 Wita. Pada etape ini peserta JWS akan mengikuti beberapa rangkaian kegiatan di antaranya hiburan rakyat, city tour ke Benteng Otanaha, wisata hiu paus, serta Olele, dan menghadiri pasar murah dan bakti sosial JK Merah Putih.

Etape ketujuh akan dilaksanakan pada hari Jumat (28/2/2020) dengan mengambil start dari rumah jabatan Gubernur Gorontalo menuju Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, dengan jarak tempuh 237 kilometer. Sedangkan untuk etape kedelapan atau etape terakhir dari Kota Kotamobagu ke Kota Manado sejauh 194 kilometer dengan terlebih dahulu beristirahan di Kota Tomohon.

“Seluruh kebutuhan peserta JWS mulai dari makan dan minumnya, tempat beristirahat, pengamanan, termasuk lokasi pengisian bahan bakar dipastikan sudah diatur dengan baik. Yang terpenting harus disiplin, baik disiplin waktu maupun selama perjalanan. Jangan sampai molor dari waktu yang telah diatur,” tandas Wagub Idris Rahim.

 

Pewarta : Haris - Humas

Baca 130 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama