>
Selasa, 22 Oktober 2019 16:40

Petani Gurem Harus Mendapat Perhatian Khusus

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Diskusi terpumpun ekspos hasil kajian kemiskinan petani dibuka oleh Sekreatris Dearah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba, di Hotel Damhil Universitas negeri Gorontalo, Selasa (22/10/2019).

Dalam diskusi ini narasumber 5 Kepala Badan Pusat Statistik di Provinsi Gorontalo memaparkan kajiannya dengan mengacu pada tahun dasar Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) 2015, mereka juga memproyeksikan pendapatan petani dan produktifitas serta angka agregat penyebab kemiskinan petani.

“Mayoritas petani yang tercatat di Basis Data Terpadu yang perlu mendapat perhatian khusus,” kata Kepala Bidang Statistik, Fatma Biki.

Perhatian ini terutama pada petani gurem yang hanya memiliki lahan kurang dari 0.5 hektare, yang seharusnya menerima manfaat.

Petugas teknis juga harus menghindari Inclusion error, yaitu kesalahan yang terjadi karena orang yang tidak berhak menerima manfaat tapi masuk database sebagai penerima manfaat.

Fatma juga menjelaskan intervensi program pertanian yang terbilang contra-multiplier effect dengan kenaikan nilai tukar petani saat ini, daya beli petani seharusnya tinggi namun kesejahteraan mereka tergolong rendah.

 

Pewarta : Bidang Statistik Dinas Kominfo & Statistik Provinsi Gorontalo

Baca 205 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo