>
Sabtu, 28 September 2019 09:28

Peternak Kabupaten Pohuwato Raup Keuntungan Dengan Inseminasi Buatan

Oleh
Beri rating
(0 suara)

 

PAYATO - Untuk mengakselerasi pencapian target pemenuhan populasi sapi potong dalam negeri, Kementerian Pertanian meluncurkan Program Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (Upsus Siwab) yang dimulai tahun 2017 dan saat ini sudah memasuki tahun ke-3.

Upsus Siwab merupakan program yang terintegrasi dari sejumlah program pengembangan peternakan yang bertujuan untuk mempercepat peningkatan populasi sapi. Program Upsus Siwab 2019 Provinsi Gorontalo dilaksanakan di seluruh wilayah kabupaten, mengingat potensi sapi potong yang dimiliki relatif sama.

Salah satu entry point dari Upsus Siwab dilakukan dengan cara perkawinan sapi dengan menggunakan teknologi Insemiansi Buatan (IB), yang menargetkan IB tahun 2019 sebanyak 12.000 ekor/akseptor, selain teknologi IB pada program Upsus Siwab juga dioptimalkan penanganan gangguan reproduksi.

Penanganan gangguan reproduksi penting untuk meminimalisir penyakit pada reproduksi ternak yang dapat berdampak pada menurun produktifias.

Untuk menunjukkan keberhasilan pelaksanaan Upsus Siwab, Rabu (25/09/2019) dilaksanakan panen sapi pedet hasil Iseminasi Buatan yang berlokasi di Desa Tahele Kecamatan Popayato Timur Kabupaten pohuwato.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Pohuwato juga turut dihadiri Bupati Pohuwato, Syarief Mbuinga, yang memamerkan ratusan pedet hasil Inseminasi Buatan dari beberapa Kecamatan di wilayah Kabupaten Pohuwato.

"Rakyat Pohuwato sangat terbantu pada program ini, dan juga banyak meraup keuntungan. Masyarakat Peternak adalah ujung tombak keberhasilan di lapangan, tanpa kerja keras dari mereka program ini tidak akan berhasil,” tutur Syarif Mbuinga.

Kepala Bidang Peternakan, Kahar Gani, dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Pohuwato. Hal ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Pohuwato memiliki komitmen yang sangat tinggi untuk mengembangkan sub sektor peternakan.

"Saya berharap kegiatan semacam ini juga dapat dilaksanakan dikabupaten lain agar dapat membangun semangat masyarakat dalam mengembangkan budidaya ternak sapi", ujar Kahar Gani.

 

Pewarta : Oman Moningka – Dinas Peternakan

Baca 377 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama