>
Jumat, 31 Mei 2013 09:51

Program Bantuan Kapal Inka Mina Dinilai Sukses

Oleh
Beri rating
(0 suara)
ilustrasi. Pic: antaranews ilustrasi. Pic: antaranews

Gorontalo, Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan, Gellwynn Jusuf, menilai program bantuan kapal Inka Mina di Provinsi Gorontalo berjalan sukses.

Saat berkunjung ke Gorontalo, Kamis, Jusuf mengaku puas dengan suksesnya pengoperasian bantuan kapal berkapasitas 30 Gross Ton (GT) tersebut, di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Leyato, Kota Gorontalo.

Penilaian tersebut berdasarkan hasil kunjungan kerjanya di PPI, yang mendapati satu unit kapal bantuan bersandar dengan muatan puluhan ikan tuna hasil tangkapan nelayan. "Saya sengaja hadir di Gorontalo untuk melihat dari dekat hasil bantuan 1.000 kapal bagi nelayan. Di Gorontalo kapal ini benar-benar bermanfaat bagi para nelayan," tutur mantan Sekjen KPP itu, saat bertatap muka dengan para nelayan.

Keberhasilan pengoperasian Inka Mina sangat ditentukan oleh tiga faktor, yakni masalah perizinan, pembiayaan dan SDM nelayan. "Perizinan dan pembiayaan mudah untuk diatasi, tapi SDM akan sulit jika nelayan tidak siap. Kita punya modal, perizinannya sudah diurus tapi nahkoda atau teknisinya tidak siap, maka itu akan jadi kendala," imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengemukakan, untuk memaksimalkan penggunaan bantuan kapal Inka Mina, pihaknya sangat selektif menerima calon penerima bantuan. Hal itu untuk memastikan penggunaan kapal ini tepat sasaran. "Banyak yang memasukan proposal tapi kami bersikap selektif. Pertama harus ada Kelompok Usaha Nelayan (KUB), permodalan yang cukup dan SDM yang memadai. Jangan hanya biasa beternak kemudian mendengar ada bantuan kapal ikan, ramai-ramai ajukan proposal. Itu tidak boleh," tuturnya.

Pemberian bantuan kapal bagi nelayan ini, kata Rusli, sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat. Diharapkan hasil tangkapan nelayan akan lebih banyak dan melipatgandakan keuntungan secara ekonomis. "Hasil bincang-bincang saya dengan nelayan, pendapatan melaut dengan Inka Mina ini cukup besar. Dengan modal Rp7 Juta untuk melaut selama 8-10 hari. Keuntungan dari tangkapan ikan bisa mencapai Rp30 Juta," lanjutnya

 

ANTARA NEWS GORONTALO

Baca 7062 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama