>
Kamis, 11 Jun 2020 14:06

Program P2L Berdampak Positif Bagi Ketahanan Pangan Rumah Tangga

Oleh
Beri rating
(0 suara)

 

GORONTALO - Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Pangan terus bersinergi dengan pemerintah pusat untuk menyejahterahkan masyarakat  Gorontalo.

Salah satu program yang dilaksanakan yaitu Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang berlokasi di 6 Daerah Kabupaten/Kota.

“Di saat kondisi pandemi Covid-19 pemanfaatan lahan benar-benar sangat dirasakan oleh masyarakat.,” kata Kepala Dinas Pangan, Sutrisno, Kamis (11/6/2020).

Masyarakat secara langsung memetik sayuran, rempah-rempah atau buah sesuai kebutuhan keluarga di pekarangan masing-masing. Lahan sekitar ruah adalah sumber pangan yang lestari, mudah dikelola dan memberi manfaat nyata bagi ketahanan pangan keluarga.

“Bantuan program Pekarangan Pangan Lestari  sasarannya adalah Kelompok Wanita Tani, Dasa Wisma, PKK dan Karang Taruna serta masyarakat umum yang memenuhi kriteria dan aturannya minimal memiliki 30 anggota yang mempunyai lahan,” ujar Sutrisno.

Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Helly Mangundap menambahkan Program P2L ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk penanganan daerah prioritas intervensi stunting atau penangganan prioritas daerah rawan pangan

Program P2L ini untuk mengembangkan sayuran, rempah dan buah, juga dapat dikembangkan tanaman apotek hidup keluarga (Toga) . Program ini penting untuk keluarga dalam pengembangan sumber benih bibit untuk menjaga keberlanjutan pemanfatan pekarangan melakukan pelestarian pangan lokal.

 

Pewarta : Hariman – Dinas Pangan

Baca 342 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama