>
Kamis, 26 September 2019 15:25

PUPR Gorontalo Bangun Pengaman Badan Sungai di Desa Tabulo

Oleh
Beri rating
(0 suara)

MANANGGU – Untuk mengantisipasi terjadinya banjir di musim hujan nanti, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo membangun pengaman badan sungai di Desa Tabulo, Kecamatan Mananggu, Kabupaten Boalemo.

“Pekerjaan yang berada di Desa Tabulo itu dilaksanakan sebagai penanggulangan banjir, karena lokasi tersebut di saat musim hujan sangat berpotensi banjir yang sering mengancam lahan-lahan pertanian masyarakat,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Air Romen S. Lantu, Rabu (25/9/2019).

Mantan Kadis PUPR kabupaten Pohuwato itu menjelaskan, selain akan memperbaiki badan sungai tersebut, mereka juga akan menormalisasi sungai tersebut dan akan membangun beronjong.

“Badan sungai yang ada di Tabulo itu kita akan perbaiki, kemudian kita akan lakukan normalisasi sungainya dengan cara mengangkat sedimen dan bibir sungainya. Kita akan pasang beronjong karena kalau tidak diamankan dengan beronjong maka talang yang berada pada saluran tersebut akan runtuh,” jelas Romen.

Pembangunan pengaman badan sungai dan tebing yang dilaksanakan oleh Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Provinsi Gorontalo tersebut meliputi; pembangunan beronjong dengan tinggi 3,5 meter dan panjangnya 30 meter serta talut pasangan batu dengan tinggi 7 meter.

Pekerjaan pembangunan pengaman badan sungai yang dilaksanakan oleh CV. Oro Jayanto tersebut menggunakan anggaran APBD tahun 2019 sebesar Rp1,5 miliar.

Romen berharap pembangunan pengaman badan sungai tersebut bisa selesai tepat waktu, tepat mutu dan tepat kualitas, sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat khususnya para petani yang berada di Kecamatan Mananggu.

 

Pewarta : PPID - PUPR

Baca 246 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo