>
Kamis, 12 September 2019 17:28

Pustakawan Harus Miliki Kualifikasi pendidikan Kompetensi dan Sertifikasi

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Sebanyak 50 orang pustawakan yang berasal dari provinsi, kabupaten dan kota Gorontalo, Universitas Negeri Gorontalo, Politeknik Kesehatan (Poltekes), IAIN Sultan Amai dan Pustakawan SMA di Provinsi Gorontalo mengikuti sosialisasi sertifikasi pustakawan, Kamis (12/9/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo bertempat di Hotel Horison Nayumi, Kota Gorontalo.

Sosialisasi sertifikasi pustakawan dibuka oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo, Yosef P Koton.

“Tujuan sosialisasi sertifikasi pustakawan adalah upaya peningkatan kualitas pustakawan yang lebih profesional dan kompeten dalam pengelolaan perpustakaan serta diharapkan lebih memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pemustaka,” kata Syahrudin Porindo, Kepala Bidang Perpustakaan.

Sebagai narsumber dalam sosialisasi ini adalah Kepala Pusat Pengembangan Pustakawan Perpustakaan Nasional, Opong Sumiyati.

“Kami berharap pustakawan menjadi ujung tombak dalam pengembangan perpustakaan di Provinsi Gorontalo. Ada 3 aspek yang menjadi standar seorang pustakawan yang berkualifikasi yaitu kualifikasi pendidikan, Kompetensi dan Sertifikasi,” kata Yosep Koton.

Yosep Koton  juga mengingatkan salah satu yang sangat penting bagi pustakawan adalah sertifikasi karena dengan sertifikasi menjadi bukti bila seorang pustakawan itu profesional dalam pengembangan dan pengelolaan perpustakaan.

“Tugas pustakawan ke depan adalah bagaimana menjadikan perpustakaan itu sebagai pusat belajar dan pengembangan ketrampilan serta keahlian masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan untuk meningkatkan kualitas SDM dan kesejahteraan,” jelas Yosep Koton.

 

Pewarta : Suleman - Dinas Arpus

Baca 300 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo