>
Kamis, 06 Februari 2020 22:59

Rapat TKPRD Rumuskan Kesepakatan Bersama

Oleh
Beri rating
(0 suara)
 Kepala Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Handoyo Sugiharto (kanan) saat menyaksikan penanda tanganan hasil TKPRD di Ruang Dulohupa kantor Gubernur, Kamis (6/2/2020). (Foto Yudi) Kepala Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Handoyo Sugiharto (kanan) saat menyaksikan penanda tanganan hasil TKPRD di Ruang Dulohupa kantor Gubernur, Kamis (6/2/2020). (Foto Yudi)

GORONTALO – Dinas Pekerajaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) provinsi Gorontalo menggelar rapat Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) di ruang Dulohupa kantor Gubernur Gororntalo, Kamis (6/2/2020).

Rapat ini dilaksanakan untuk merespon surat permohonan Bupati Kabupaten Gorontalo yang menjelaskan pihaknya saat ini dalam penyususnan Rencana Tata Ruang Wilayah.

Kepala Bidang Tata Ruang, Sultan Kalupe mengatakan untuk mendapatkan persetujuan rekomendasi dari gubernur maka perlu dibahas pada rapat TKPRD.

“Memang ada surat permohonan dari Bupati Gorontalo yang saat ini daerah itu sedang menyusun revisi tata ruang, sebelum ada rekomendasi dari gubernur harus dibahas di tingkat TKPRD sebagai masukan persetujuan untuk rekomendasi,” kata Sultan Kalupe.

Rapat TKPRD yang pimpin Kepala Dinas PUPR, Handoyo Sugiharto serta dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Hadijah Tayeb, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Kabupaten Bone Bolango Tanwir Ali dan sejumlah perwakilan kabupaten itu, Sultan Kalupe menjelaskan bahwa pihaknya menghasilkan beberapa persetujuan yang berupa rumusan.

“Tadi juga sudah dilaksanakan penandatanganan hasil rapat TKPRD yang sudah berbentuk rumusan dan disaksikan langsung Kadis PUPR Provinsi Gorontalo serta sejumlah perwakilan kabupaten/kota” ucap Sultan Kalupe.

Rumusan TKPRD di antaranya, sepakat untuk menggunakan Permen nomor 9 tahun 2019 sebagai acuan dalam penentuan batas wilayah masing-masing kabupaten/kota, penataan ruang daerah yang berbatasan harus jelas dituangkan dalam dokumen materi teknis dan peta yang dibuat oleh konsultan, pola ruang dalam revisi RTRW dalam kabupaten Gorontalo khususnya pada daerah yang berbatasan harus singkron dan saling menunjang dengan daerah perbatasan lainnya.

Perlu penyesuaian kawasan LP2B berdasarkan Perda yang telah dikeluarkan oleh Kabupaten Gorontalo, perlu analisis terkait pengembangan GORR ke depan, adanya wacana kota Telaga sebagai kota baru di Kabupaten Gorontalo yang perlu diakomodir dalam revisi tata ruang, danau Limboto sebagai kawasan strategis nasional yang perlu mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Pewarta : Yudi - PUPR

Baca 119 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama